Lupa atau Sengaja ? 4 Hal yang Sering Tidak Kamu Lakukan Saat Bertemu Kedua Orangtua

Hai sobat, kita berkesempatan lagi untuk bertemu dan bertukar cerita kali ini, tentunya hanya di Ringkaskata.

Ringkaskata.com | Kita semua memiliki orang tua, siapapun itu, dan kita juga akan menjadi orang tua, entah kapanpun itu. Kita semua adalah seorang anak, dari pasangan dua orang tua, bahkan orang tua kita adalah anak, dari orang tua mereka.

Kita sering bertemu dengan orang tua kita, tiap waktu, bahkan tiap kesempatan saat kita berada dirumah.Banyak cerita telah kita dengarkan dari mereka, tak jarang mereka juga mendengarkan apa yang kita ceritakan sebagai anak. Tapi sebagai anak, kadang banyak hal yang lupa kita sampaikan pada orang tua kita, bahkan sampai kita menjadi orang tua, apakah hal yang kita lupakan itu?

  1. Rasa terima kasih

Pernahkah terbayang betapa beratnya pengorbanan orang tua untukmu? Seberapa besar harapannya ia tumpuk untuk membesarkanmu? Mereka tak pernah mengharapkan apapun, hanya berharap anak yang mereka besarkan bisa tersenyum bahagia dengan pilihan hidupnya. Tapi ditengah kebahagiaan itu, terkadang kita lupa untuk sekedar berterima kasih saat bertemu dengan mereka. Rasa malu dan khawatir membuatmu takut untuk memulai mengatakannya.

Jangan sampai melupakannya ya sobat, ucapan terima kasih untukmu memang terasa tak bermakna jika kamu pikirkan, tapi hal itu berarti besar saat kedua orang tuamu mendengarnya secara langsung, segera katakan terima kasihmu ya.

  1. Kata maaf

Sebagai anak, rasanya jarang kita merasa bersalah saat bertemu dan bercakap dengan kedua orang tua kita. Karena senyuman yang selalu orang tua kita perlihatkan, rasanya hal itu membuktikan kita tak pernah berbuat salah, apalagi menyakiti perasaan mereka. Sobat, pahamilah, orang tua baikmu tak akan menunjukkan kesedihannya didepanmu, ia akan tetap tegar dan memperlihatkan sisi bahagianya padamu.

Walaupun dirimu tidak merasa memiliki kesalahan, tidak ada salahnya berkata maaf, dan meringankan beban yang mereka rasakan. Beban yang hanya mereka yang merasa, beban yang hanya dipikul mereka, beban yang tak ingin mereka tempatkan di pundak anaknya. Tanpa sadar, ucapan maafmu akan membuat mereka bahagia, sebuah kebahagiaan yang begtu sederhana.

  1. Ungkapan sayang

Sebagian dari kita beranggapan hal ini adalah hal tak kasat mata, selalu ada dan tak harus diperlihatkan. Bener banget, kasih sayang dan rasa cinta sering kita anggap tabu untuk diucapkan, karena kita beranggapan hal itu sudah jelas ada di diri orang tua kita. Tapi sobat, apa salahnya membiasakan diri mengucapkan kata sayang pada kedua orang tua kita, biarkan mereka terus tersenyum dengan ungkapan sayang yang kita ucapkan. Hal ini tampak kecil untukmu, tapi berarti besar untuk mereka.

  1. Berikan kabar terbaikmu

Poin satu ini hanya untuk mereka yang ada jauh dari kedua orang tua, mereka yang menuntuk ilmu ataupun bekerja ditempat yang jauh. Kadang kita terlalu sibuk untuk menyempatkan waktu memberikan kabar, tetap berdiam diri ditempat yang jauh, hanya menghabiskan waktu tak memikirkan apapun.

Sobat harus tau, rasa khawatir yang dipikirkan orang tua kita itu spontan, mereka setiap saat memikirkannya, tapi tak pernah mau mengganggu kegiatanmu. Disaat kamu enggan untuk menelfon, mereka sangat ingin mendengar kabarmu dari sana, sempatkanlah waktumu sobat. Berikan kabar terbaikmu, jangan lakukan ini untukmu, lakukan ini untuk mereka, dan kirimkan salam hangat dari RK untuk mereka ya.

Rep : KTR-MIN / Ed : Azz

 

 

🔥78

If you liked this article
please click on the "Like!".