Sebaiknya Hindari 7 Makanan Ini Saat Kamu Sakit

Selain istirahat yang cukup, menjaga asupan makanan adalah salah satu cara terbaik untuk mengobati flu, hidung tersumbat atau mual.

Ringkaskata.com | Anda harus jeli dalam memilih makanan, sebab banyak makanan yang dianggap sehat dan aman dikonsumsi, malah bisa memperburuk kondisi Anda.

Ingin tahu apa yang harus kamu hindari saat mengalami sakit kepala, hidung tersumbat, atau mual? Simak uraian berikut seperti dilansir dari Health Digest pada Kamis (17/12).

1. Jangan minum kopi

Bagi pecinta kopi, mungkin ini adalah kabar yang sangat menyedihkan. Namun sayangnya, kandungan kafein yang ada dalam kopi bisa memperlambat penyembuhan sakit Anda. Seperti dicatat oleh Well and Good, kafein menyebabkan dehidrasi dan dapat mengganggu siklus tidur Anda.

Meski demikian, Ahli diet terdaftar yang berbasis di Nashville, Jenny Beth Kroplin mengatakan bahwa kopi juga mengandung antioksidan polifenol pelawan penyakit yang dapat membantu tubuh dalam penyembuhan dari suatu penyakit. Jadi ya bisa saja Anda menyeruput kopi saat sakit, asal tidak berlebihan ya dan pastikan Anda konsumsi air putih yang cukup.

2. Jangan konsumsi produk olahan susu

Jika Anda mengalami hidung tersumbat, sebaiknya hindari produk olahan susu seperti halnya es krim. Produk olahan susu bisa memperburuk kongestif seseorang, membuat dahak terasa lebih buruk karena susu melapisi lendir, membuatnya terasa lebih kental. Alih-alih mengonsumsi susu, penuhi kebutuhan hidrasi Anda dengan air putih saja.

3. Hindari cokelat saat sembelit

Ketika perut terasa sembelit atau diare, coklat adalah makanan yang harus dihindari. Alasannya karena kafein dalam coklat dapat memperburuk masalah perut dan membuat Anda dehidrasi.

Namun, jika Anda mengalami migraine, cokelat mungkin membantu menyembuhkan. Seperti dicatat oleh Livestrong, cokelat berasal dari biji kakao yang penuh dengan antioksidan baik untuk Anda yang disebut polifenol. Ini bekerja untuk menghilangkan radikal bebas penyebab peradangan yang dapat menyebabkan sakit kepala yang parah.

4. Makanan yang digoreng dan berlemak

Saat Anda merasa tidak enak badan, Anda mungkin lebih cenderung mengonsumsi makanan berkuah yang berlemak atau makanan hangat yang digoreng. Sayangnya itu malah akan memperburuk sakit Anda.

Profesor Emory Taz Bhatia mengatakan kepada Men’s Health bahwa makanan berlemak membutuhkan waktu lebih lama untuk bergerak melalui sistem pencernaan, sehingga dapat memperburuk mual dan memicu naiknya asam lambung.

Terlebih lagi, camilan dan makanan yang tidak sehat ini dapat menyebabkan kejang otot di saluran usus yang selanjutnya memicu diare.

5. Jika Anda sakit kepala, hindari hotdog dan makanan olahan lainnya

Ketika Anda mengalami sakit kepala, Anda harus menghindari hot dogatau makanan olahan lainnya. Makanan ini penuh dengan nitrat yang dapat mengubah suplai oksigen dalam aliran darah Anda (penyebab potensial sakit kepala). Nitrat bekerja untuk mengawetkan makanan lebih lama dan mencegah produksi bakteri

Sebagaimana dicatat oleh Time, makan hot dog dan daging olahan lainnya meningkatkan peluang Anda terkena beberapa penyakit berbahaya, termasuk penyakit jantung, kanker, dan diabetes tipe 2. Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer menemukan bahwa makan hot dog, salami, dan berbagai macam daging lainnya yang memiliki kandungan nitrat tinggi secara signifikan meningkatkan kemungkinan seseorang terkena kanker kandung kemih.

6. Hindari konsumsi permen dan camilan manis

Jika Anda pilek atau batuk, Anda harus membatasi asupan gula rafinasi dan makanan manis. Sebagaimana dicatat oleh Livestrong, ditemukan bahwa mengonsumsi gula saat Anda sedang flu dapat memperburuk gejala sakit yang dirasa. Gula dianggap menekan fungsi kekebalan dan memengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk melawan kuman dan pulih dari penyakit.

7. Jangan minum jus jeruk

Percaya atau tidak, jus jeruk tidak membantu sakit tenggorokan Anda. Jus jeruk mengandung asam sitrat yang mengiritasi lapisan tenggorokan Anda yang sudah meradang. Jus jeruk juga bisa bersifat abrasif pada sakit perut dan saluran pencernaan. Jus jeruk asam rendah mungkin membantu, tetapi belum tentu menyelesaikan masalah perut yang disebabkan oleh jus.

Teks: Republika / Foto: Kompas Health

🔥33

If you liked this article
please click on the "Like!".