Benarkah Rutin Minum Kopi Bisa Pengaruhi Fungsi Pendengaran?

Ada kabar bagus nih buat pecinta kopi dimanapun kamu berada. Sudah bukan fakta baru bahwa kopi memberi banyak manfaat terhadap kesehatan, seperti menangkal penyakit hati, diabetes tipe 2, hingga meningkatkan harapan hidup.

Ringkaskata.com | Yang terbaru, sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Autonomous University of Madrid mengungkapkan bahwa pria yang minum setidaknya satu cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko kehilangan pendengaran karena faktor usia. Wah benarkah?

Dilansir Independent, penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan data dari 37.000 orang di Biobank Inggris serta memantau asupan kopi dari 36.923 pria dan wanita paruh baya dan lebih tua selama 11 tahun. Pendengaran para peserta diperiksa di awal penelitian, kemudian diperiksa kembali dua kali setelahnya dalam perjalanan penelitian. Hasilnya dianalisa dengan memperhitungkan faktor kesehatan dan gaya hidup, seperti apakah peserta merokok atau banyak terpapar suara keras.

Para peneliti menemukan, risiko tersebut lebih rendah 15 persen pada pria yang minum satu hingga maksimal 4,5 cangkir kopi per hari. Menurut mereka, efek tersebut kemungkinan disebabkan karena adanya sifat antioksidan dan anti-peradangan dalan secangkir kopi. Tampaknya, manfaat yang didapatkaj tetap sama baik pada kopi berkafein maupun tampa kafein (decaffeinated), serta disaring atau pun tidak.

 Sayangnya, penelitian tersebut tidak menemukan hubungan apapun antara rutinitas minum kopi dengan fungsi pendengaran pada wanita. Tim peneliti menduga, alasannya adalah karena perbedaan fisiologi. Tetap minum kopi, tapi jangan berlebihan ya sobat.

Sumber: Kompas.com / foto : Ruslan Semichev/Shutterstock


🔥17

If you liked this article
please click on the "Like!".