Inilah Kandungan yang Ada Dalam Vaksin Covid-19

Sejak awal pandemi virus corona jenis baru (Covid-19) melanda dunia, banyak orang yang memiliki pandangan negatif terhadap vaksin untuk mencegah penyakit wabah ini.

Ringkaskata.com | Sejumlah teori konspirasi mengenai vaksin yang dikembangkan oleh berbagai perusahaan farmasi bermunculan, salah satunya adalah vaksin ditujukan untuk menanam microchip, yang berfungsi sebagai pelacak lokasi dan data dari setiap orang.

Dilansir Business Insider, banyak orang yang salah memahami vaksin untuk mencegah infeksi virus corona jenis baru karena situasi pandemi tak jarang membuat keputusasaan secara luas. Kekhawatiran yang berlebih membuat tidak sedikit yang pada akhirnya takut untuk mendapatkan vaksin.

Bill Gates, pebisnis sekaligus salah satu pendiri yayasan yang memberikan sumbangan untuk pengembangan vaksin seringkali menjadi bagian dari teori konspirasi. Banyak rumor menyebut bahwa ia merencanakan pandemi dan membuat vaksin sebagai jawaban, dengan tujuan yang menakutkan, yaitu mengendalikan orang-orang di seluruh dunia mellaui microchip.

Informasi yang salah mengenai vaksin tidak lagi dapat menjadi lelucon. Pakar penyakit menular Amerika Serikat (AS) Antony Fauci mengatakan agar dapat kembali ke tingkat kehidupan normal seperti sebelum pandemi Covid-19, hingga 85 persen orang di negara itu perlu divaksinasi.

Lalu, sebenarnya apa yang ada di dalam vaksin Covid-19? Pfizer. Salah satu perusahaan farmasi yang mengembangkan vaksin mengumumkan daftar bahan-bahan dalam produknya, yang tentu saja, tidak ada microchip termasuk diantaranya.

Bahan aktif dalam suntikan adalah potongan materi genetik virus yang disebut messenger RNA. Ini bertindak sebagai kantong pelubang genetik bagi tubuh untuk mempelajari cara melawan protein yang membantu Covid-19 menyerang sel.

Campuran gula, garam, dan lemak melindungi kantong tinju metaforis dan memungkinkan pemberian vaksin melalui injeksi intramuskular. Berikut daftar lengkap bahan-bahan dalam vaksin Covid-19 dari Pfizer:

1. RNA pembawa pesan yang dimodifikasi nukleosida (modRNA) yang mengkodekan glikoprotein lonjakan virus dari SARS-CoV-2 (inilah yang membuat suntikan bekerja)

2. Lipid, atau zat berlemak, termasuk : (4-hidroksibutil) azanediyl) bis (heksana-6,1-diil) bis (2-hexyldecanoate), 2 – [(polietilen glikol) -2000] -N, N-ditetradecylacetamide, 1,2-distearoyl-snglycero-3-phosphocholine, dan kolesterol

3. Potasium klorida

4. Kalium fosfat monobasik

5. Natrium klorida (garam)

6. Natrium fosfat dihidrat dibasa

7. Sukrosa (gula)

Sementara itu, Moderna sebagai salah satu perusahaan farmasi lainnya di AS yang mengembangkan vaksin juga mencantumkan bahan-bahan di dalam produk. Berikut daftar kandungan vaksin Covid-19 dari Moderna :

1. Asam ribonukleat kurir (mRNA)

2. Lipid, atau zat berlemak, termasuk SM (sphyngomyelin) -102 Polyethylene glycol [PEG] 2000 dimyristoyl glycerol [DMG], 1,2-distearoyl-sn-glycero-3-phosphocholine [DSPC] dan kolesterol

3. Trometamin

4. Trometamin hidroklorida

5. Asam asetat

6. Natrium asetat

7. Sukrosa (gula).

Teks: Republika / Foto: Tirto.id

🔥34

If you liked this article
please click on the "Like!".