Ayam Tangkap Khas Aceh

Ringkaskata.com | Indonesia memang memiliki beraneka ragam kuliner lezat. Dari Sabang sampai Merauke, maisng-masing masakan memiliki citarasa yang khas dan unik. Satu di antaranya adalah ayam tangkap, sebuah kuliner asal Serambi Mekah, Aceh.

Asal usul Ayam Tangkap ini masih belum bias diketahui secara pasti. Namun menurut beberapa sumber, Ayam Tangkap ini merupakan jenis makanan yang sudah ada sejak dahulu. Konon nama Ayam Tangkap ini diambil dari kebiasaan masyarakat Aceh saat memasak daging ayam. Sebelum memasaknya, mereka harus menangkap ayam tersebut terlebih dahulu di pekarangan mereka. Sehingga banyak yang menyebutnya Ayam Tangkap.

Keunikan Ayam Tangkap ini sangat terlihat dari segi penyajiannya. Dalam penyajiannya, ayam goring tersebut disajikan dengan daun-daunan seperti daun temurui dan daun pandan yang dirajang kasar serta digoreng renyah. Apabila kita cicipi daun renyah tersebut, saat masih dalam keadaan hangat, dedaunan tersebut bercita rasa kering seperti kerupuk. Menyantapnya bersama nasi putih dan sambal adalah pilihan yang tepat untuk menambah selera makan, jika pertama kali akan terasa aneh, namun apabila dipadukan dengan ayam goreng, maka akan menghasilkan cita rasa yang khas dan nikmat. Rasanya yang khas itulah yang menjadi salah satu keistimewaan dari Ayam Tangkap ini.

 

Dan seperti biasa, inilah resep ayam tangkap Aceh yang unik dan bikin nagih.

Bahan Olahan Ayam :

– 1 ekor ayam potong 24 bagian

– 6 lembar daun pandan ikat

– 8 tangkai daun salam koja,petik daunnya

– 1 sdm air asam

– 2 ¼ sdt garam

– ½ sdt gula pasir

– ¼ sdt lada bubuk

– 500 ml air

Bumbu Halus :

– 12 butir bawang merah

– 3 siung bawang putih

– 3 buah cabai rawit merah

– 4 cm kunyit bakar

– 2 cm jahe

Bahan Daun Pengharum :

– 4 lembar daun pandan, iris

– 8 tangkai daun salam koja, petik daunnya

– 6 lembar daun jeruk, buang tulang

– 5 buah cabai hiau besar, belah 2 bagian

– 2 lembar daun kunyit, potong kecil

Cara membuat:

Haluskan 12 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 buah cabai rawit merah, 4 cm kunyit bakar, 2 cm jahe dengan air secukupnya. Masukkan ayam, bumbu halus, ,5 lembar daun pandan ikat, 8 tangkai daun salam koja, 1 sdm air asam, 2 ¼ sdt garam, ½ sdt gula pasir, ¼ sdt lada bubuk, dan 400 ml air.

Setelah itu, masak hingga bumbu meresap dan air asat. Panaskan minyak lalu goreng semua bahan daun pengharum sampai layu. Lalu masukkan ayam untuk digoreng sampai warna coklat keemasan.

Ayam tangkap yang renyah dan gurih siap dihidangkan untuk dinikmati bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba.

Rep: Mas23 / Ed: KIS

 

Diolah dari berbagai sumber.

 

🔥1.2 K

If you liked this article
please click on the "Like!".