Bertukar Lipstik Dapat Menimbulkan Masalah Pada Kesehatan

Ringkaskata.com | Tak heran lagi jika sesama wanita selalu bertukar alat-alat kosmetik, terutama lipstik, bedak dan maskara. Tanpa disadari, kebiasaan tersebut dapat menimbulkan penyakit atau berpengaruh pada kesehatan.

Mengutip laman Bright Side, Kamis (24/8/17), virus yang menyebabkan penyakit herpes rupanya mudah tertular lewat lipstik atau lip gloss. Hal ini terjadi ketika selaput lendir atau air liur mulut yang tersisa di kuas lipstik dapat bersentuhan dengan bibir lainnya.

Untuk menghindari masalah kesehatan tersebut, sebaiknya sebelum menggunakan kuas lipstik atau lip glossharus dibersihkan terlebih dahulu dengan tisu atau kertas untuk menghindari bakteri yang masih nempel atau tertinggal dikuas lipstik tersebut.

Masih ada benda pribadi yang sebaiknya tidak boleh dipakai secara bersamaan dengan teman untuk menghindari masalah kesehatan. Benda tersebut diantaranya:

Headset atau earphone

Meminjam earphone pada teman sudah sangat sering dilakukan oleh kita, apalagi pada saat kita tidak memiliki earphone. Padahal faktanya, banyak bakteri yang bersarang di earphone. Karena earphone sendiri mempunyai lubang yang kecil, sempit dan sulit dibersihkan.

Tak jarang hal ini memicu telinga kita terinfeksi dan mengalami penyakit telinga lainnya. Sebaiknya jika kita ingin meminjam earphone pada seseorang hendaknya dibersihkan terlebih dahulu dengan cotton bad  dan oleskan cairan pembersih khusus. Minimal bersihkanlah earphone anda seminggu sekali.

Roll on

Meskipun roll on memiliki antibakteri, namun bola pada roll on jika dipakai oleh kulit orang lain, tidak menutup kemungkinan bakteri yang ada pada ketiak orang tersebut menempel pada roll on anda. Perpindahan bakteri itulah yang menyebabkan bau ketiak yang semakin jadi.

Handuk

Pada benda ini sangat tidak dianjurkan untuk bertukar atau meminjamkan pada teman, karena benda ini sangat rentan terhadap jamur. Namun, sebagian dari kita banyak yang tidak mengetahui akibat dan penyakit yang akan terjadi jika bertukar handuk. Handuk rentan sekali pada jamur, apalagi disimpan ditempat yang lembap. Jamur yang menempel pada handuk akan menimbulkan penyakit pada kulit anda, seperti gatal-hgatal.

Sebaiknya ganti handuk anda setiap empat hari sekali, atau cuci handuk anda minimal seminggu sekali.

 

diolah dari berbagai sumber

🔥39

If you liked this article
please click on the "Like!".