Selain Praktis, Telur Juga Mempunyai Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Ringkaskata.com | Telur sangat cocok sebagai menu untuk sarapan, selain mnejadi menu terbaik, telur merupakan menu yang praktis dan populer dikalangan masyarakat. Mengapa demikian? Faktanya, telur yang pas menjadi makanan pengganti yang serba instan, banyak mengandung manfaat.

Sebutir telur memiliki sekitar 70 kalori dan berisi sekitar 6 gram protein, 5 gram lemak, dan 186 miligram kolesterol.Diet dengan protein kualitas tinggi dapat meningkatkan rasa kenyang, menyebabkan pemenuhan yang lebih baik dan keberhasilan diet penurunan berat badan, kata peneliti, Nikhil Dhurandhar, PhD, seorang profesor di departemen infeksi dan obesitas, Pennington Biomedical Research Centerdi Baton Rouge, La.

Mengkonsumsi satu butir telur namun rutin setiap hari, sudah cukup untuk menunjang kesehatan pada tubuh anda. Berikut beberapa manfaat telur:

Membuat perut kenyang lebih lama

Telur membuat perut kita tidak mudah lapar sampai jam makan siang, karena didalam telur terdapat kandungan lemak dan protein.

Meningkatkan kecerdasan otak

Selain lemak dan protein, telur juga mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh kita untuk meningkatkan otak dan menjaga kesehatan otak. Nutrisi yang bernama Cholinepada telur dipercaya baik untuk perkembangan otak, mencegah demensia dan Alzheirmer.

Baik untuk kesehatan mata

Meskipun pada kuning telur mempunyai banyak kolesterol, namun disamping itu ada kandungan lain yang sangat penting untuk kesehatan mata.Kandungan tersebut yaitu leutin dan zeaxanthin, zat tersebut dapat menjaga mata kita dari paparan sinar ultraviolet. leutin dan zeaxanthinpada telur juga dapat mencegah segala jenis penyakit yang ada pada mata saat penuaan.

Menjaga kesehatan jantung

Jika kita mengkonsumsi telur dengan porsi yang cukup setiap harinya, kandungan kolesterol pada telur tidak akan membahayakan tubuh kita terutama jantung. Kandungan Omega 3 butir dari telur bisa meningkatkan sirkulasi darah, sehingga justru akan membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Membantu menurunkan berat badan

Penelitian yang diterbitkan di International Journal of Obesity menyebut konsumsi 2 telur saat sarapan dapat membantu menurunkan berat badan hingga 65 persen.

Itulah beberapa manfaat yang ada pada telur. Sangat berguna bagi kesehatan kita jika tidak mengkonsumi dengan jumlah yang banyak atau berlebihan. Cukup dengan satu butir telur setiap hari dapat menunjang kesehatan kita sepanjang hari.

 

  • Diolah dari berbagai sumber.
🔥22

If you liked this article
please click on the "Like!".