Mau keren? Jauhi Rokok dari Usia Dini

Saat ini, para remaja sudah sangat familiar mengenai hal merokok. Merokok bagi mereka sudah tidak asing lagi, sangat disayangkan bagi mereka yang masih usia dini sangat memprihatinkan jika telah mengenal rokok. Mungkin bagi mereka itu tren atau lifestyle, tanpa disadari itu berbahaya bagi kesehatan.

Seperti kata Fuad Baradja, seorang aktivis anti rokok dan pengurus Komite Nasional Pengendalian Tembakau yang dilansir dari detiknews.com. Ia mengatakan bahwa merokok tidak hanya disebabkan oleh tren atau lifestyle semata, Tapi efek kecanduan nikotin inilah yang membuat pecandunya selalu ingin merokok.

“Termasuk anak-anak yang merokok di sekolah, izin ke toilet pun dijadikan alasan untuk sekedar merokok karena sudah merasa asam di mulutnya,” kata Fuad pada acara peluncuran buku anti merokok di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (19/4/18).

Maka peran orangtua sangat penting bagi keluarganya termasuk menjauhkan anak-anak dari lingkungan rokok. Karena anak-anak atau remaja itu sendiri belum mengetahui zat apa saja yang terkandung di dalam rokok tersebut.

Menurut Direktur Bidang Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr Sukiman MPd, orang yang sadar akan kesehatan pasti mengerti jika rokok itu berdampak negatif bagi tubuh.

Kemendikbud juga mengimbau jika ada acara dan event yang disponsori oleh produk rokok atau perusahaan rokok, berhak untuk dilaporkan karena sudah seharusnya pihak sekolah tidak mendukung penggunaan rokok di sekolah. Hal ini juga dimuat dalam Undang-Undang yang mengatur pelarangan merokok bagi siswa dan guru, yaitu Permendikbud nomor 64 tahun 2015 tentang pelarangan merokok di kawasan sekolah.

Untuk itu, kita yang telah mengetahui bahaya rokok selalu memberikan motivasi atau informasi tentang rokok baik didalam lingkungan sekolah maupun dirumah. Karena para remaja lah yang akan menajadi generasi penerus bangsa Indonesia yang sehat dan berprestasi.

 

sumber  :  detik.com

🔥825

If you liked this article
please click on the "Like!".