Mengetahui Kepribadian dan Kesehatan Melalui Warna Mata

Bagi anda yang memiliki warna mata yang indah mungkin memiliki rasa kebahagiaan tersendiri, karena memiliki warna mata yang unik pasti lebih menarik perhatian. Namun dibalik warna mata tersebut anda dapat mengungkapkan kondisi kesehatan dan kepribadian anda.

Dilansir dari Liputan6 (Rabu/18/4/18), menyatakan beberapa variasi warna mata beserta kondisi kesehatan dan kepribadian yang anda miliki.

  1. Warna Mata Gelap (minim risiko mengalami degenerasi makula)

Warna mata menjadi tolak ukur kesehatan mata secara keseluruhan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Clinical and Experimental Ophthalmology menemukan, dari 171 peserta yang diteliti, orang dengan warna mata terang berisiko dua kali lebih besar terkena degenerasi makula.

Sekretaris American Optometric Association, Christopher Quinn, OD, mengungkapkan iris atau selaput di antara bola dan bagian putih mata yang gelap dapat menghalangi sinar ultraviolet lebih banyak. Menurutnya, sinar UV adalah salah satu faktor risiko munculnya degenerasi makula.

  1. Warna Mata Biru (minim risiko mengalami kanker kulit)

Warna mata yang gelap memungkinkan anda untuk tidak mudah terkena kanker kulit. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Cancer Epidemiology, Biomakers & Prevention, peneliti mengambil DNA dan data paparan sinar matahari dari 500 anak kulit putih berusia 6 hingga 10 tahun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan gen mata biru memiliki risiko lebih besar mengalami kanker kulit. Hal ini karena anak dengan gen mata tersebut hanya sedikit memiliki pigmen yang dapat melindungi mata dari sinar matahari. Meskipun begitu, Quinn menyarankan, orang dengan warna mata apapun sebaiknya tetap melindungi mata dengan menggunakan kacamata hitam di siang hari.

  1. Warna Mata Terang (lebih kompetitif)

Untuk membuktikan hal tersebut, seorang peneliti dari Australia meminta 336 responden orang berkulit putih dari Eropa guna mengisi kuesioner untuk mengukur kepribadian mereka. Hasil penelitian menunjukkan mereka yang memiliki warna mata gelap cenderung memiliki sikap dermawan, ramah, dan empati.

Sebaliknya, orang yang bermata terang cenderung kurang menyenangkan dan lebih kompetitif.

  1. Warna Mata Coklat (cenderung dapat dipercaya)

Melalui sebuah penelitian yang diterbitkan dalam PLOS ONE, seorang peneliti meminta 238 relawan untuk menilai foto orang-orang yang dapat dipercaya. Penelitian menunjukkan mayoritas responden memilih foto orang dengan mata berwarna coklat lebih dapat dipercaya daripada mereka yang memiliki mata berwarna biru.

Meskipun begitu, penelitian ini perlu didukung dengan temuan lainnya, terutama bagi wanita, yang tidak menunjukkan korelasi sama antara kepercayaan dan bentuk wajah.

Hanya dengan melihat warna mata, ternyata kita bisa mengetahui kepribadian dan kesehatan dengan mudah.

 

Sumber : Liputan6.com

🔥20

If you liked this article
please click on the "Like!".