Waspada Penyakit Ini Bisa Timbul di Musim Hujan

Saat ini musim selalu tidak bisa ditebak, karna Indonesia sedang berada dalam masa peralihan musim, dari musim penghujan menuju musim kemarau.

Musim peralihan ditandai ketika cuaca panas namun tiba-tiba hujan turun. Dengan pergantian musim yang tidak teratur tersebut, membuat tubuh kita mudah terserang berbagai penyakit, hal itu dikarenakan perubahan suhu pada lingkungan.

Seperti yang dilansir dari CNN Indonesia, ketika musim hujan jenis mikroba akan lebih mudah berkembang biak, dan makin mudah masuk ke tubuh manusia. Daya tubuh yang tak prima akan semakin membuat bakteri dan virus berkembang hingga menyebabkan penyakit.

Kita sebagai objek utama bagi para penyakit, harus selalu waspada agar penyakit itu tidak singgah pada tubuh kita. Mengutip dari berbagai sumber, berikut ada beberapa penyakit yang sering terjadi oleh kita pada saat musim hujan terjadi.

  1. Diare

Diare merupakan buang air besar dalam konsistensi cair, dalam satu hari bisa mencapai 3 kali bahkan lebih. Penyakit diare yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri seperti bakteri e.coli,salmonella, shigella, dan cholera. Diare bisa berlangsung hanya beberapa hari, namun juga bisa sampai berminggu-minggu.

  1. Influenza atau flu

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Influenza atau flu merupakan penyakit yang menular pada pernapasan yang disebabkan oleh virus. Sistem pernapasan yang diserang oleh virus ini diantara nya hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Gejala flu yang bisa dirasakan diantaranya demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, nafsu makan menurun, dan sakit tenggorokan.

  1. Demam berdarah dan malaria

Penyakit satu ini disebabkan oleh virus yang dibawa nyamuk. Nyamuk berkembang biak dengan cepat dan semakin banyak pada saat musim hujan. Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk ini sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan kematian.

  1. Demam tifoid atau tipes

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, Tipes atau tifoid adalah penyakit usus yang cepat menular (disertai demam dengan ruam-ruam pada tubuh dan gangguan atas kesadaran diri). Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi, masuk ke usus melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi untuk kemudian berkembang biak didalam saluran cerna.

  1. Penyakit kulit

Penyakit kulit sering terjadi ketika musim hujan. Karena saat musim hujan sering banjir dan membawa berbagai bakteri. Bakteri yang dibawa oleh hujan atau banjir akan menempel pada kulit dan menyebabkan rasa gatal pada kulit. Infeksi jamur ini sendiri biasa terjadi pada daerah yang lipatan-lipatan seperti ketiak, selangkangan, sela-sela jari.

Untuk itu, kita harus selalu waspada dan menjaga stamina tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, selain itu rajinlah berolahraga, rajin mencuci tangan, cukup tidur, bersosialisas, dan banyak mengonsumsi sayur dan buah.

 

sumber :  cnnindonesia.com

🔥18

If you liked this article
please click on the "Like!".