Orang Yang Bangun Pagi Kemungkinan Panjang Umurnya Lebih Besar Dari yang Bangun Kesiangan, Lho Kok Bisa?

Hidupsehat dan Panjang umur adalah impian semua orang tentunya. Meskipun demikian, tak sedikit yang menjalankan gaya hidup tidak sehat.

Ringkaskata.com | Gaya hidup yang tidak sehat dapat memicu memperpendek usia. Sebuah penelitian menawarkan panduan yang dapat dipercaya untuk mencapai umur panjang, memberikan jawaban berbasis bukti untuk pertanyaan paling penting dalam kehidupan. Salah satu rahasia umur panjang adalah bangun pagi

Sebuah studi yang dipublikasikan di Chronobiology International memberi penjelasan jika mereka yang rutin bangun pagi akan lebih panjang umur daripada yang selalu kesiangan.

Para peneliti mempelajari 433.268 orang, berusia 38 hingga 73 tahun, yang mendefinisikan diri mereka sebagai tipe ‘orang pagi’, tipe ‘kadang bangun pagi dan kadang siang” sedang’, atau tipe ‘tukang begadang yang bangun kesiangan’.

Mereka mengikuti kesehatan mereka selama rata-rata enam setengah tahun, melacak penyebab kematian dengan sertifikat kematian.

Setelah mengendalikan usia dan jenis kelamin, merokok, indeks massa tubuh, durasi tidur, dan variabel lainnya, mereka menemukan bahwa orang yang suka begadang dan bangun siang memiliki risiko 10 persen lebih tinggi untuk meninggal karena sebab apa pun.

Hal ini, dikaitkan dengan risiko penyakit yang mungkin diderita mereka yang hobi begadang dan kurang istirahat. Bagaimana sobat, biasakan gaya hidup yang sehat ya.

Sumber : Tempo.co

🔥9

If you liked this article
please click on the "Like!".