Elon Musk Geser Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya di Dunia

CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk, kini resmi menjadi orang terkaya di dunia dan menggeser posisi bos Amazon, Jeff Bezos, untuk pertama kalinya sejak 2017.

Ringkaskatacom | Kekayaan bersih Elon Musk saat ini mencapai 195 miliar AS atau sekitar Rp 2.720 triliun. Sementara Jeff Bezos, yang berada di posisi kedua, ‘hanya’ memiliki kekayaan mencapai 185 miliar dolar AS atau sekitar Rp 2.581 triliun. Selisih kekayaan mereka berdua hanya terpaut 10 miliar dolar AS.

Kenaikan harga saham Tesla pada hari Kamis (07/1) mendorong Musk menjadi orang terkaya se-planet Bumi. Nilai saham Tesla melonjak 5,9 persen hingga mencapai 800,43 dolar AS dalam sehari. Kondisi itu membuat nilai perusahaan itu melonjak hingga di atas 750 miliar dolar AS.

Lonjakan kekayaan Musk selama setahun terakhir menandai kenaikan tercepat ke puncak daftar kaya dalam sejarah dan mencatatkan perputaran finansial tinggi. Musk memulai tahun 2020 dengan kekayaan sekitar 27 miliar dolar AS atau sekitar Rp 376 triliun, dan hampir tidak termasuk dalam 50 orang terkaya.

Kemudian, Elon Musk mampu melewati kekayaan Warren Buffett pada Juli 2020 untuk menjadi orang terkaya ketujuh. Pada November 2020, pria berusia 49 tahun itu berlari melewati Bill Gates untuk menjadi orang terkaya kedua. Musk telah memperoleh lebih banyak kekayaan selama 12 bulan terakhir daripada seluruh kekayaan bersih Bill Gates sebesar 132 miliar dolar AS.

Tesla roket Elon Musk jadi miliarder

Tesla menjadi roket Elon Musk menuju miliarder. Harga saham perusahaan mobil listrik itu telah meningkat lebih dari sembilan kali lipat selama setahun terakhir. Sementara itu, harga saham Amazon tetap lebih terkendali karena potensi peningkatan regulasi dari Washington.

Selain Tesla, Musk juga menjalankan perusahaan roket misi antariksa SpaceX. Namun, sekitar tiga perempat dari kekayaan bersihnya berasal dari saham Tesla, yang bernilai lebih dari empat kali lipat sahamnya di SpaceX.

Tesla juga menyelesaikan tahun 2020 yang luar biasa di mana harga saham yang meroket, dan mengubah produsen mobil listrik itu menjadi salah satu perusahaan paling berharga yang bergabung dengan S&P 500.

Mobil listrik Tesla kini menjadi ancaman baru bagi sejumlah raksasa otomotif dunia yang masih berkutat dengan mengandalkan produksi mesin berbahan bakar minyak.

Teks : Kumpara.com / Foto : detikfinance

🔥8

If you liked this article
please click on the "Like!".