Apa Kamu Termasuk People Pleaser, Ini Ciri-cirinya

Rinkss.. Pernahkah kamu mendengar istilah People Pleaser ? Ini adalah salah satu istilah yang cukup sering terdengar. People pleaser merupakan seseorang yang selalu berusaha menyenangkan orang lain, dan melupakan keinginannya sendiri. Sekilas memang terlihat positif, tapi ternyata hal ini merupakan sikap negatif, lho.

Ringkaskata.com | Ada beberapa ciri yang biasa dilakukan oleh people pleaser, buat kamu yang belum tahu apa saja ciri-cirinya. Yuk, coba simak, apakah kamu salah satunya?

  1. Selalu berkata “Iya” untuk keinginan orang lain, padahal kamu keberatan

Ciri pertama people pleaser adalah, selalu mengatakan “Iya” pada ajakan atau permintaan orang lain. Hal ini didasari perasaan tidak enak jika menolak, padahal kamu merasa keberatan. Hal ini pada akhirnya membuat kamu memendam kesal pada dirimu sendiri, karena tidak memiliki kemampuan menolak.

2. Selalu memikirkan perasaan orang lain

People pleaser akan selalu memikirkan perasaan orang lain. Dalam bertindak atau berkata, ia akan sangat hati-hati karena khawatir lawan bicaranya akan tersinggung.

Kamu akan terus memikirkan apakah kata atau tindakan yang barusan kamu lakukan, menyinggung perasaan orang lain atau tidak. Padahal, belum tentu lawan bicaramu tersinggung. Hal ini akhirnya membuatmu gelisah seharian dan buat kamu jadi susah tidur.

3. Selalu minta maaf

Karena selalu khawatir akan perasaan orang lain, akhirnya kamu selalu meminta maaf atas semua kata dan tindakanmu. Meskipun meminta maaf adalah perbuatan baik, tapi jika dilakukan secara berlebihan jadinya tidak baik, lho.

Apalagi people pleaser juga suka meminta maaf atas kesalahan yang tidak dilakukan, hanya agar menghindari konflik dan menjaga perasaan orang lain.

4. Memikirkan apa yang dipikirkan orang tentangmu

Tidak hanya memikirkan perasaan orang lain, kamu juga kerap kali memikirkan apa yang orang lain pikirkan tentang kamu. Hal ini membuatmu jadi hidup dalam bayang-bayang ekspektasi orang lain. Kamu jadi tidak bisa menjalani hidup sesuai dengan kemauanmu.

Itulah beberapa ciri people pleaser, apakah ada dalam dirimu? Jika iya, coba berubah untuk tidak menjadi people pleaser, yuk! Kamu berhak menjalani hidupmu sesuai dengan keinginanmu, tanpa perlu dibayang-bayangi pendapat dan kemauan orang lain.  

Teks : Beautynesia / Foto: Pinterest

🔥40

If you liked this article
please click on the "Like!".