Face shield, Benarkah Efektif Tangkal Virus Corona? Ini Penjelasan Pakar Kesehatan Dunia

Ringkaskata.com | Belakangan ini, banyak orang yang beraktivitas di luar rumah mengenakan face shield atau perisai wajah untuk melindungi diri dari virus corona.

Face shield adalah alat pelindung diri (APD) penutup wajah mirip perisai yang dibuat dari plastik transparan. Tapi, apakah face shield ini benar-benar bisa melindungi tubuh dari bahaya terjangkit virus Corona atau Covid-19?

Shan Soe-Lin, seorang dosen urusan global Universitas Yale di New Haven, Connecticut dan ahli imunologi mengatakan kepada Today bahwa face shield atau mika plastik pelindung wajah tidak terlalu penting untuk dipakai oleh masyarakat umum.

“Melakukan jaga jarak dan mengenakan masker kain sudah sangat cukup. Face shield tidak dapat menyaring udara dan pada akhirnya hanya berfungsi untuk memblokir tetesan agar tidak mengenai wajah, terutama jika tidak dikenakan bersama dengan masker penutup wajah,” Ujarnya

Namun Dr. Amesh Adalja, seorang sarjana senior Johns Hopkins University Center for Health Security di Baltimore, Maryland, yang fokus mempelajari munculnya penyakit menular dan kesiapsiagaan menghadapi pandemi memiliki pendapat berbeda.

“Pelindung wajah (face shield) dapat berfungsi sebagai penghalang fisik bagi partikel yang kamu pancarkan saat bernafas, dan sebagai pelindung fisik partikel yang mungkin mengenaimu saat seseorang batuk atau bersin. Ini adalah sesuatu yang orang coba pikirkan sebagai peningkatan fungsi dari rekomendasi masker kain,” kata Adalja.

Walaupun memiliki sejumlah keunggulan dalam mencegah penularan penyakit, face shield juga punya kelemahaan. Sama seperti masker, face shield perlu dilepas saat makan di kantin atau warung.

Saat digunakan, APD ini juga memiliki celah dari bagian samping atau bawah yang tidak rapat. Kondisi ini memungkinkan partikel kecil seperti virus masih bisa masuk dari dari celah tersebut. Hal ini berbeda dari masker yang bisa menutup rapat area hidung dan mulut ketika digunakan dengan benar.

Selain itu, Dokter spesialis penyakit menular dari NYU Winthrop Hospital AS, Bruce Polsky, MD, berpendapat, face shield digunakan petugas medis sebagai perlindungan ekstra selain masker.

“Face shield bukan pengganti masker, tapi perlindungan ekstra dari kontaminasi penyakit,” jelas Polsky, seperti dilansir Health (29/5/2020).

Masyarakat umumnya tidak terpapar kontak berisiko tinggi, sehingga cukup menggunakan masker dan tidak membutuhkan perlindungan ekstra seperti face shield.

“Prinsipnya, saat semua orang menggunakan masker, semua orang terlindungi,” jelas Dr. Polsky.

dokter spesialis pencegahan infeksi dari St. Joseph Hospital dan Mission Hospital California AS, Charles Bailey, MD, menganjurkan agar masyarakat menggunakan masker atau face shield di tempat umum.

“Pilih masker untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona, terutama orang tanpa gejala,” kata dia.

Sementara itu, konsultan pediatri ZAP Clinic dr. Citra Amelinda, mengatakan bahwa face shield tersebut tidak efektif untuk melindungi diri dari paparan virus Corona COVID-19 karena sifatnya yang hanya menutupi bagian depan wajah.

“Plastik mika kan cuma nutup bagian depannya aja, jadi di dalamnya enggak. Virus itu kan kecil jadi tetap bisa masuk. Jadi mika itu enggak efektif, ungkap Citra dikutip Antara.

Untuk mengatasi hal ini, Citra menyarankan bagi para pemakai face shield untuk tetap melakukan protokol kesehatan dan pencegahan infeksi COVID-19.

“Cuci tangan dengan sabun wajib selama 20 detik, kalau tidak bisa cuci tangan dengan sabun, pakai hand sanitizer selama 20 detik juga. Kalau bepergian sampai rumah ganti baju, mandi, pakaian yang dikenakan dari luar tidak boleh masuk kamar,” jelas Citra.

Kendati demikian, sampai saat ini Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa hal terbaik untuk melindungi diri dari virus corona adalah dengan melakukan isolasi diri, menjaga jarak sosial, memakai masker, hindari menyentuh wajah, dan rajin mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer.

Diolah dari beberapa sumber

Rep : RA

🔥58

If you liked this article
please click on the "Like!".