Kabar Gembira! BLT Tahap lll Segera Cair dan Berikut Jadwalnya

Kabar gembira, pencairan tahap IIl bantuan langsung tunai (BLT) subsidi gaji sebesar Rp600.000 per bulan untuk pegawai dibawah 5 juta selama 4 bulan akan segera cair.

Ringkaskata.com | Saat ini, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menerima 3,5 juta nomor rekening penerima BLT dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Jumlah data calon penerima subsidi gaji/upah yang diserahkan kepada kami sebanyak 3,5 juta. Jadi ini lebih besar dibandingkan tahap I dan II,” kata Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, dikutip dari laman resmi Kemnaker.

3,5 juta nomor rekening penerima BLT itu menambah jumlah nomor rekening penerima BLT yang diterima Kemnaker.

Sebelumnya, Kemnaker telah menerima 2,5 juta nomor rekening di tahap I dan 3 juta nomor rekekening di tahap II.

Dengan demikian, total nomor rekening yang telah diterima Kemnaker sebanyak 9 juta.

Ditargetkan, bakal ada 15,7 juta penerima BLT. 

“Saat ini data yang diterima dari tahap I dan II sebagian telah berhasil disalurkan kepada penerima dan sebagian lainnya masih dalam proses,” ujar Ida.

Menaker Ida juga kembali meminta BPJS Ketenagakerjaan untuk berkomunikasi dengan stakeholder.

“Hal itu agar berbagai kendala dalam penyaluran BSU dapat diminimalkan, seperti terdapat duplikasi, rekening yang sudah tidak aktif, rekening pasif, rekening tidak valid, rekening telah dibekukan, rekening tidak sesuai NIK, ataupun rekening yang tidak terdaftar, “ Pintanya.

Selain itu, Direktur Utama BP Jamsostek, Agus Susanto mengatakan bahwa angka tersebut masih belum terpenuhi pasalnya target calon penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp600 ribu sebanyak 15,7 juta, saat ini baru terkumpul sebanyak 14,2 juta nomor rekening.

“Setelah dilakukan validasi tiga tahap, dari 14,2 juta data nomor rekening yang terkumpul, jumlah data yang tervalidasi mencapai 11,3 juta,” Ujarnya.  

Agus juga menambahkan bahwa pihak BPJS Ketenagakerjaan telah mencoret 1,6 juta nomor rekening pekerja calon penerima BLT Rp600 ribu.

“Pencoretan nama tersebut menurut pihak BPJS Ketenagakerjaan karena calon penerima BLT Rp600 ribu tersebut tidak sesuai dengan kriteria yang ditetapkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 14 Tahun 2020,” Tambahnya.

Kini Kemnaker tengah fokus menunggu data calon penerima dana BLT Rp600 ribu Tahap 3 untuk selanjutnya dilakukan check ulang selama empat hari.

Terkait jadwal pencairan BLT, Deputi Direktur Bidang Humas dan Antara Lembaga BP Jamsostek Irvansyah Utoh Banja menegaskan bahwa hal tersebut adalah hanya ranah Kemnaker dan pasti akan segera diumumkan.

.

Diolah dari beberapa sumber / foto : tribunnews.com

Rep : RA

🔥2.1 K

If you liked this article
please click on the "Like!".