UNICEF : 7 Tips Menjaga Kebersihan Makanan saat Pandemi Covid-19

Pada saat pandemi ini kebersihan sangat diutamakan dalam upaya pencegahan penularanĀ virus corona.

Ringkaskata.com | Selain menjaga kebersihan tangan perlu juga menjaga kebersihan makanan yang ingin dikonsumsi. walaupun, sejauh ini belum ada bukti makanan terkait dengan penularan COVID-19.

Dilansir dari The Journal of Hospital Infection, virus corona mampu bertahan pada permukaan benda hingga sembilan hari. Virus corona menyebar dari orang ke orang melalui percikan (droplet) yang keluar dari hidung atau mulut orang yang terinfeksi saat bersin, batuk, atau napas, dan juga bisa jatuh pada benda dan permukaan di sekitar.

Saat sobat menyentuh benda atau permukaan tersebut, kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut, virus corona bisa masuk ke tubuh. walaupun demikian sobat tetap perlu memoehatikan kebersihan makanan yang hendak dikonsumsi, bahkan sekalipun tak ada pandemi COVID-19.

Berikut langkah-langkah menjaga kebersihan makanan yang ingin dikonsumsi di tengah pandemi virus corona, seperti dirangkum dari laman resmi UNICEF.

Tips Menjaga Kebersihan Makanan

  1. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air selama 20 detik sebelum menyiapkan makanan apa pun.
  2. Pisahkan papan potong untuk menyiapkan daging dan ikan mentah.
  3. Masak makanan sampai suhu yang disarankan.
  4. Jika memungkinkan, simpan barang yang mudah rusak dalam lemari es atau beku, dan perhatikan tanggal kedaluwarsa produk.
  5. Bertujuan untuk mendaur ulang atau membuang sisa makanan dan kemasan dengan cara yang layak dan sanitasi, menghindari penumpukan sampah yang dapat menarik hama.
  6. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air selama setidaknya 20 detik sebelum makan dan pastikan anak Anda melakukan hal yang sama.
  7. Selalu gunakan peralatan dan piring yang bersih.

 

Sumber : Bola.net

Rep : RA

 

 

šŸ”„58

If you liked this article
please click on the "Like!".