5 Makanan Bisa Cegah Penularan Virus Corona, Ini Daftarnya

Ringkaskata.com |  Virus Corona saat ini kian menyebar di Indonesia membuat sebagian besar masyarakat mulai mencari tahu berbagai informasi. Mencegah penularan virus corona dapat dilakukan dengan menghindari kerumunan, mengurangi aktivitas di luar, menjaga kebersihan, mengatur pola makan sehat, dan sebagainya.

Makanan merupakan cara pertama yang dapat dilakukan oleh semua orang sebagai upaya meningkatkan imunitas dan mencegah penularan virus corona.

Berikut 5 makanan yang bisa mencegah penularan Virus Corona, simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Ikan Berlemak

Bukan rahasia umum bahwa lemak ikan lebih berkhasiat, sehat dan aman, dari pada lemak dari hewan lain. Nutrisi pada ikan sangat baik bagi tubuh dalam melawan penyakit.

Selain itu ikan berlemak mengandung asam lemak omega 3, omega 6, dan omega 9 mampu membantu mengurangi gejala sindrom metabolik, melawan radang, dan autoimum.

Melansir dari hellosehat.com, American Heart Association (AHA) menganjurkan untuk konsumsi ikan berlemak kira-kira dua porsi dalam satu minggu, dengan porsi sekali makan kira-kira 80 gram atau seukuran dengan satu dek kartu.

Beberapa jenis ikan berlemak yang bisa Sobat coba konsumsi sebagai upaya pencegahan virus corona, seperti salmon, sarden, mackerel, herring, dan tuna.

2. Sayur Bayam

Makanan bisa cegah penularan virus corona berikutnya termasuk sayur bayam. Bayam mengandung vitamin yang dilengkapi dengan antioksidan dan beta karoten yang membantu tubuh dalam melawan infeksi sistem kekebalan tubuh melawan virus jahat.

Dikutip dari alodokter.com, vitamin yang terkandung dalam sayur bayam, yakni vitamin A, C, B kompleks, E, dan K. kemudian mineral-mineral utama yang baik bagi tubuh, seperti magnesium, asam folat, zat besi, kalsium, sodium, dan potassium.

Selain itu sayur bayam juga memiliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi, yang dapat membantu anda dan keluarga dalam meningkatkan sistem imun sebagai pencegahan penularan virus corona.

3. Jahe

Kandungan alami dari jahe telah lama dipercaya mampu membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Bahkan dapat meredakan sakit kronis serta menurunkan kolesterol.

Terutama sejak Chairul Anwar Nidom, seorang peneliti dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang berhasil menemukan penangkal ampuh virus corona atau COVID-19.

Kandungan curcumin dari jahe juga bisa ditemukan pada temulawak dan kunyit, yang dipercaya sebagai bahan yang mampu menangkal virus corona.

Kemudian jahe yang juga mengandung senyawa beta-karoten dan capsaicin, berperan dalam meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

4. Sayur Brokoli

Sayur brokoli ternyata bisa mencegah virus Corona karena Brokoli memiliki Kandungan vitamin A, C, dan E yang kaya, serta mineral dan antioksidan yang mampu melawan sumber penyakit.

Antioksidan dari sayur brokoli mampu membantu mencegah proses oksidasi dan radikal bebas pada sel dan organ tubuh, supaya tubuh tetap kuat.

5. Buah Sitrus

Makanan bisa cegah penularan virus corona yang bisa Anda coba bersama keluarga berikutnya ialah buah sitrus. Sebagai jenis buah yang tinggi akan vitamin C. Buah sitrus dapat membantu sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih yang bertugas melawan bibit penyakit.

Beberapa yang termasuk dalam jenis buah sitrus, seperti lemon, anggur, jeruk nipis, jeruk mandarin, grapefruit, dan jeruk nipis. Mulailah konsumsi berbagai jenis buah sitrus ini secara berselang dan berkala supaya tidak bosan dengan rasa yang sama.

Rep : MA

Sumber : Merdeka.com

🔥59

If you liked this article
please click on the "Like!".