Harnojoyo : Warga Palembang Siap Terapkan Konsep “New Normal”

Palembang, Ringkaskata.com | Kota Palembang baru saja menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan PSBB belum selesai, Namun Kota Pempek ini menjadi satu diantara 25 Kabupaten/Kota di Indonesia lainnya yang disiapkan untuk menerapkan “New Normal”, Kamis 28/05/2020.

New Normal merupakan perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas hidup normal dengan menerapkan Protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo menyatakan bahwa, kesiapannya menyongsong new normal yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo dan dari Pemprov Sumsel. Walaupun saat ini Banyak pertimbangan dan alasan yang melatarbelakangi kesiapan itu.

“Saya nyatakan warga Palembang sudah siap untuk new normal,” kata Harnojoyo

Harnojoyo menambahkan bahwa, tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan selama melaksanakan Instruksi Wali Kota dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sangat tinggi.

Dari pantauannya juga menjaga jarak dan mencuci tangan sebelum atau sesudah beraktivitas kini telah menjadi kebiasaan baru warganya. Mereka telah memahami bahayanya virus itu dan tak ingin terjangkit.

“Sekarang ini mencari sepuluh orang yang tidak pakai masker saja sudah sulit. Artinya tingkat kesadaran warga sudah tinggi, belum lagi alasan lain,” kata dia.

Harnojoyo juga menyebut akan mulai mensosialisasikan fase new normal yang baru saja diumumkan presiden. Namun, PSBB masih tetap dilakukan hingga 2 Juni 2020 seperti yang dijadwalkan sebelumnya.

“Pola hidup yang bersih dan sehat menjadi kunci, ikuti arahan pemerintah yang mengedepankan protokol kesehatan. Karena kita tidak tahu kapan wabah ini berakhir, belum bisa diprediksi,” pungkasnya.

Selain itu, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan bahwa, Jika new normal diterapkan, maka kehidupan di Palembang kembali normal seperti sekolah, masjid, Tempat kerja dan lainnya akan kembali seperti semula namun, tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Di sekolah dan masjid akan disiapkan tempat cuci tangan, warga harus pakai masker, tetap dilakukan jika new normal diterapkan,” ujarnya.

Fitrianti juga berharap agar masyarakat bisa patuh dan disiplin untuk menerapkan pola hidup sehat. Sehingga pelaksanaan PSBB Palembang maupun new normal nantinya bisa berjalan dengan baik.

“Kembali ke masyarakat, jika masyarakat kita disiplin dan patuh dengan pola hidup sehat maka grafik kasus covid-19 bisa turun,” kata dia.

Rep : RA

Diolah dari beberapa sumber

 

🔥21

If you liked this article
please click on the "Like!".