Masker Scuba, Ampuhkah Tangkal Virus Corona? Ini Penjelasan Pakar Kesehatan

Masker scuba sangat populer belakangan ini, terutama sejak pemerintah dan organisasi kesehatan dunia (WHO) merekomendasikan pemakaian masker kain untuk mencegah virus Corona COVID-19. Selain murah, jenis masker ini juga dinilai nyaman karena bisa melar alias stretch mengikuti bentuk wajah.

Ringkaskata.com | Scuba sendiri merupakan nama lain untuk polychloroprene yang merupakan salah satu jenis kain sintetis. Disebut dengan scuba karena bahan ini banyak digunakan oleh para penyelam scuba.

Tapi karena tipis dan hanya selapis, apakah cukup aman untuk menangkal Virus Corona?

Berikut penjelasan dari dr. Devia Irine Putri menjelaskan bahwa penggunaan masker scuba bisa membantu untuk menangkal virus corona, tapi tidak bisa 100%. Menurutnya, penggunaan masker bedah tetap jadi pelindung yang paling dianjurkan untuk digunakan.

“Alasannya masker bedah itu punya lapisan filter untuk menyaring virus dan partikel lainnya. Hanya saja, masker bedah sebenarnya lebih didahulukan untuk petugas medis. Anda yang sehat lebih dianjurkan pakai masker kain, seperti yang berbahan scuba,” ujar dr. Devia mengutip dari KlikDokter.

Namun, dr. Devia juga menambahkan, pemakaian masker scuba atau masker kain harus tetap diikuti dengan pola hidup sehat. Yaitu, menjaga pola makan sehat dan seimbang, menjaga kebersihan dengan rajin cuci tangan, serta rutin berolahraga.

“Saya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak memegang wajah sembarangan dan menjaga jarak 1-2 meter dengan orang lain,” tambahnya.

Selain itu, Dokter paru dari Omni Hospitals Pulomas dr Frans Abednego Barus, SpP, juga menanggapi prihal populernya masker Scuba saat ini, ia menilai kemampuan proteksi masker semacam ini memang terbatas.

“Tingkat keamanan tetap di bawah masker standar bedah maupun N95,” Ujarnya mengutip laman dari detik.

Asal anjuran-anjuran seperti tetap jaga jarak dan lainnya tetap diikuti, dr Frans menilai masker Scuba aman-aman saja digunakan.

“Nggak masalah asal jarak tetap jaga,” tegasnya.

 

 

Diolah dari beberapa sumber

 

 

 

 

🔥141

If you liked this article
please click on the "Like!".