Hari Ini Sanksi Pelanggar PSBB Berlaku, Berikut Daftar Sanksinya

Palembang, Ringkaskata.com | Hari ini sanksi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai di berlakukan. Sejumlah sanksi mulai dari kerja sosial dan denda maksimal Rp10 juta pun telah disiapkan pemerintah untuk mengganjar para pelanggar aturan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, Senin (25/5/2020).

Wali Kota Harnojoyo mengatakan pelaksanaan PSBB Kota Palembang tertuang dalam Peraturan Wali Kota nomor 14 tahun 2020. Sejak diberlakukan 20 Mei, rencananya PSBB diberlakukan hingga 2 Juni mendatang. Hal itu sesuai dengan masa inkubasi virus terlama dan juga apabila tidak ada perpanjangan.

Sejumlah aktivitas masyarakat di perusahaan, perkantoran, tempat usaha, dan institusi pendidikan tidak boleh berjalan normal. Institusi pendidikan diharuskan menerapkan belajar dari rumah, sementara perkantoran dibatasi jam operasional hanya lima jam per hari dengan batas maksimal karyawan yang bekerja sepertiga dari total.

“Perkantoran bisa memberlakukan sistem kerja sif untuk bisa bekerja optimal. Selain itu ada 11 sektor pelaku usaha yang dikecualikan masih boleh beroperasi, dengan catatan tetap menerapkan jaga jarak fisik serta protokol kesehatan,” ujar Harnojoyo.

Dalam pasal 10 poin 1 Perwali Palembang nomor 14 tahun 2020, 11 sektor tersebut yakni pelaku usaha yang bergerak pada sektor kesehatan, bahan pangan/makanan/minuman, energi, komunikasi dan teknologi informasi, keuangan, logistik, dan perhotelan. Kemudian sektor konstruksi, industri strategis, pelayanan dasar, utilitas publik dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional dan objek tertentu dan pelaku usaha kebutuhan sehari-hari.

Selain itu TNI/Polri dan seluruh kantor instansi pemerintahan, kantor perwakilan negara asing dan atau organisasi internasional, BUMN/BUMD yang turut serta penanganan Covid-19 dan pemenuhan kebutuhan pokok, serta organisasi kemasyarakatan lokal dan internasional yang bergerak pada sektor kebencanaan atau sosial pun diperbolehkan beroperasi seperti biasa.

Untuk restoran dan usaha sejenisnya, hanya boleh melayani sistem bawa pulang (take away) dan pemesanan secara daring dan telepon serta pengantaran produk ke rumah pemesan. Tidak boleh melayani makan/minum di tempat. Jarak antrean minimal satu meter antar konsumen.

Aktivitas di fasilitas publik pun tidak diperbolehkan lebih dari empat orang. Sementara kendaraan roda empat hanya diperbolehkan mengangkut 50 persen dari kapasitas maksimal. Sementara pengendara sepeda motor masih diperbolehkan berboncengan bila satu alamat KTP.

Sanksi denda yang tertinggi yakni Rp10 juta bagi pelanggar menggelar kegiatan sosial budaya, restoran/rumah makan/sejenisnya, perkantoran/pelaku usaha/konstruksi yang tidak melakukan pembatasan kerja yang melayani makan/minum di tempat, dan hotel yang menciptakan kerumunan.

Sementara itu, bagi para pelanggar yang tidak mengenakan masker, ada tiga pilihan sanksi yakni membayar denda 100rb sampai 250rb, karantina selama 1 hari dan sanksi sosial berupa menyapu jalan selama 2 jam dengan menggunakan rompi yang bertuliskan pelanggar PSBB.

Sumber : Tribunsumsel

Rep : RA

🔥557

If you liked this article
please click on the "Like!".