Dinkes Sumsel : Pasien THO di RSMH Palembang Negatif Virus Corona

Ringkaskata.com | Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Selatan menyatakan THO, pasien yang diisolasi di ruang khusus Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) negatif virus Corona, Senin (24/2/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Lesty Nuraini mengatakan hasil negatif tersebut didapatkan setelah dilakukan pemeriksaan sampel lendir di saluran pernafasan yang diambil dari bagian mukosa (lapisan kulit dalam) sebanyak dua kali di Litbangkes Jakarta yaitu pada tanggal 20 dan 23 Februari lalu.

“Kami yakin beliau aman dan tidak terinfeksi Corona virus,” Ujarnya.

Sebelumnya THO dirujuk dari Rumah Sakit RK Charitas ke RSMH pada Senin (17/2/2020) dan langsung dilakukan pengambilan sampel usai melakukan perjalanan ke Malaysia untuk pengobatan rutin di salah satu rumah sakit pada 11 – 15 Februari 2020.

Selanjutnya, pada Selasa (18/2/2020) THO masih ditetapkan Dinkes Provinsi Sumsel sebagai pasien Pneumonia biasa.

“Hasil tindak lanjut perawatan kesehatan (THO) untuk penyakitnya, sesak napas akut, diserahkan kepada tim RSMH,” ujarnya.

Selain itu, Lesti menambahkan bahwa saat ini di Sumsel belum ada pasien lain yang dinyatakan sebagai suspect virus Covid-19.

“Jaga kesehatan dan konsumsi makanan bergizi serta rajin cuci tangan. Hindari kontak langsung dengan orang yang baru pulang dari negara negara terjangkit,” tambah Lesty.

Lesty mengimbau masyarakat tetap harus menjaga kesehatan dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) guna melindungi diri dari serangan virus.

Sementara Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging RSMH Palembang, Zen Ahmad menjelaskan pasien THO sudah dalam kondisi yang bagus dan stabil.

“Ada dua kemungkinan, besok pasien bisa pulang langsung ke rumah atau nanti diputuskan pindah ruangan biasa untuk observasi lebih lanjut. Pasien juga tidak masalah karena memang negatif virus Corona.” jelasnya.

Sumber : Tribunsumsel

šŸ”„6

If you liked this article
please click on the "Like!".