Mahasiswa KKN 72 UIN RF Palembang bersama RSZ Assyifa Adakan Workshop, Ajak Masyarakat Jadi Wirausaha Kreatif

Ringkaskata.com | Mahasiswa kuliah kerja nyata KKN 72 UIN Raden Fatah Palembang bekerja sama dengan RSZ Asyiffa’ menggelar workshop dengan tema “Entrepreneur Muda Dalam Mengembangkan Usaha Keripik Pisang”  di desa Serapek kecamatan Teluk Gelam OKI, Selasa (18/02).

Acara dibuka langsung oleh Kepala Desa Serapek Wim Zulfikar yang didampingi oleh ketua yayasan RSZ Assyifa’ Ayatullah Komayn,i Amd berserta Ketua Kelompok KKN UIN Raden Fatah Palembang kelompok 117 Angga Julianto.

Beberapa pemateri, antara lain Muhammad Syaikodir, S.Sos pengusaha muda dan career business, coach dari tim Ayatullah Komayni, Amd, Khoirul Rohim Kasi pelayanan, dan Ira selaku Pengusaha Keripik Pisang.

(Kepala Desa Serapek, Wim Zulfikar )

Dalam sambutannya Kepala Desa Serapek Wim Zulfikar mengatakan kegiatan workshop ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, agar bisa membuka wawasan tentang menjadi wirausaha.

“Kegiatan workshop seperti ini sangat lah kita butuhkan didesa kita. Agar para masyarakat mampu membuka mindset tentang menjadi wirausaha dan teknik pemasaran yang baik” Ujarnya.

(angga Julianto, sebagai ketua kelompok 72)

Wim juga berharap dengan adanya workshop ini warga sekitar dapat memanfaatkan tanaman pisang disekitar mereka menjadi olahan seperti kripik pisang dan bisa menambah penghasilan di desa Serapek ini.

“Tanaman pisang cukup melimpah disini. Selama ini pisang itu hanya untuk dijual secara langsung, dan semoga dengan adanya kegiatan workshop ini bisa memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang ekonomi kreatif” Harapnya.

(Muhammad Syaikodir sebagai pemateri)

Selain itu, Muhammad Syaikodir sebagai pemateri menjelaskan bahwa, peran dan strategi masyarakat sangatlah dibutuhkan agar mampu menciptakan lapangan pekerjaan dikalangan masyarakat.

“Kegiatan workshop ini Kita adakan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan terhadap masyarakat tentang bagaimana cara mengolah sumber daya yang ada menjadi ekonomi kreatif. Selain itu juga agar mereka mampu berinovasi dan memotivasi olahan pisang menjadi sesuatu yang berharga dan harapan suatu saat mampu mencetak lapangan pekerjaan khususnya di masyarakat sekitar” Ujarnya.

(M. Rega Saputra sebagai ketua pelaksana)

Rega Saputra mahasiswa KKN UIN Raden Fatah Palembang kelompok 117 dan ketua pelaksana dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa, Kegiatan workshop ini adalah proker utama kami dibidang kemasyarakatan dan kita juga mengadakan cek kesehatan gratis bersama Bidan Samsinar, Am, Keb yang merupakan Bidan Relawan dari Rsz Assyifa’.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan workshop ini mampu memberikan edukasi seputar jiwa kewirausahaan terhadap masyarakat Serapek dan mereka akan termotivasi untuk memulai bisnis, terutama diolahan pisang”. Harapnya.

Kegiatan workshop ini dilakukan dihalaman perkantoran desa Serapek dan peserta workshop dikhususkan kepada ibu-ibu dan pemuda karang taruna desa Serapek.

Kontributor : AJ48

🔥46

If you liked this article
please click on the "Like!".