Profil Pelatih Asal Korea Selatan Shin Tae-yong Yang Resmi Di tunjuk PSSI Sebagai Pelatih Timnas Indonesia Senior

Ringkaskata.com | Teka-teki mengenai kursi kepelatihan timnas Indonesia senior akhirnya terjawab sudah setelah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi menunjuk pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia pada 2020 mendatang, Senin (23/12/19).

Kabar penunjukan Shin Tae-yong ini dinyatakan langsung oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Soemantri, PSSI disinyalir tertarik dengan pemaparan Shin untuk masa depan Timnas Indonesia.

Hanya saja, PSSI belum mengumumkan perihal durasi dan nilai kontrak untuk eks pelatih Timnas Korea Selatan tersebut. Hal tersebut kabarnya akan diumumkan lebih lanjut saat Kongres PSSI nanti.

Penunjukan Shin Tae-yong oleh PSSI ini sekaligus mengakhiri rumor yang mengaitkannya ke Shenzhen FC. Sebelumnya, ia dikabarkan sudah menemui kesepakatan dengan klub kasta kedua Liga China itu dan akan bergabung dalam waktu dekat.

Selain itu, Luis Milla juga dipastikan tidak akan kembali menangani Timnas Indonesia. Pelatih asal Spanyol ini sebelumnya masuk dalam bursa pelatih pengganti Simon McMenemy. Namun, PSSI tampaknya tak lagi tertarik untuk merekrutnya.

Berikut profil singkat pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong :

Shin Tae-yong adalah salah satu pelatih yang sukses di Korea Selatan. Ia pernah membawa Seongnam Ilhwa Chunma menjuarai Liga Champions Asia musim 2010. Bersama Timnas Korsel pun, ia berhasil meraih trofi Piala Asia Timur 2017.

Pelatih yang lahir di Brisbaner Roar itu merupakan mantan pemain sepak bola.

Shin memutuskan pensiun kala usianya 35 tahun.

Tiga tahun mundur dari dunia si kulit bundar, Shin kembali sebagai pelatih sebuah klub asal Korea Selatan bernama Seongnam Ilhwa Chunma FC.

Shin sukses membawa Seongnam FC menjuarai Liga Champions Asia pada musim 2009/2010.

Keberhasilan itu membuat Shin lantas dilirik Timnas Korea Selatan untuk dijadikan asisten pelatih Timnas Korea saat itu, Hong Myung-bo pada Januari 2014.

Berselang beberapa bulan, Shin kemudian menjadi pelatih interim usai Hong meninggalkan Timnas Korea Selatan pada Agustus.

Shin kembali menjadi asisten ketika Timnas Korea Selatan menunjuk Uli Stielike sebagai pelatih di September 2014.

Ketika menjadi asisten Uli, Shin berkesempatan menangani Timnas U-23 dan U-20.

Memegang timnas level usia, Shin sukses membawa Timnas U-23 Korea Selatan melaju ke babak perempat final Olimpiade Rio 2016.

Selain itu, Shin juga membawa Timnas U-23 Korea Selatan menjuarai Piala AFC U-23 di tahun yang sama.

Sementara pada level U-20, Shin sukses membawa Korea Selatan melaju hingga babak 16 besar Piala Dunia U-20 2017.

Mentereng di leve usia, Shin ditunjuk menangani Timnas Korea Selatan pada Juli 2017 menggantikan Uli Stielike.

Salah satu kiprahnya yang diingat publik sepak bola dunia ialah kala membawa Korea Selatan mengalahkan Jerman di laga terakhir fase grup Piala Dunia 2018. Meski sudah dipastikan tersingkir, Taeguk Warriors dua kali menjebol gawang Manuel Neuer.

Diolah dari beberapa sumber

 

 

🔥33

If you liked this article
please click on the "Like!".