Daftar 100 Negara dengan Kemampuan Bahasa Inggris Terbaik, Indonesia Ranking Berapa?

Ringkaskata.com | Lembaga pendidikan internasional EF Education First merilis laporan hasil penelitian EF English Proficiency Index (EF EPI) edisi ke-9/2019 mengenai kemahiran berbahasa Inggris orang dewasa di 100 negara.

Hasil survei ini disusun berdasarkan analisa data dari hasil tes bahasa inggris yang dilakukan oleh 2.3 juta peserta yang berpartisipasi melalui tes online EF Standard English Test (EF SET).

EF SET merupakan tes bahasa Inggris adaptif yang didesain oleh para ahli untuk mengetahui kemampuan bahasa inggris sebagaimana tes lain seperti TOEIC, TOEFL dan IELTS.

Sebelumnya EF SET telah diuji pada ratusan ibu pelajar internasional selama bertahun-tahun dan telah disetujui oleh Dewan Eropa dan diakui sebagai standar Internasional.

Tes tersebut merupakan tes bahasa Inggris yang didesain oleh para ahli untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris sebagaimana tes-tes lainnya seperti TOEIC, TOEFL atau IELTS.

Dr. Minh Tran, selaku Executive Director of Academic Affairs & Partnership EF Educarion First memaparkan beberapa temuan hasil penelitian tersebut.

“Secara umum, jumlah peserta yang mengikuti EF standard English Test (EFSET) tahun ini naik 77 persen dibandingkan tahun lalu. Ada delapan negara partisipan baru yaitu Bahrain, Pantai Gading, Kenya, Kirgizstan, Maladewa, Nepal, Paraguay, dan Sudan, serta hubungan antara kecakapan bahasa Inggris, keterlibatan internasional dan konektivitas global,” terang Minh.

Dalam hasil penelitian tersebut, Dr. Minh Tran juga menjelaskan bahwa negara Belanda berada di posisi pertama dengan kemampuan bahasa inggris terbaik.

“Hasilnya, Belanda menempati peringkat satu sebagai negara dengan kemampuan berbahasa Inggris terbaik meski bukan merupakan bahasa nasional mereka. Disusul Swedia, Norwegia, Denmark dan Singapura di urutan kedua sampai kelima. Hal ini membuat Belanda berada keempat kalinya ada di posisi nomor satu,” sambungnya.

Dalam laporannya Indonesia menduduki peringkat ke-61 turun dua peringkat dari tahun lalu. Indonesia juga mengalami penurunan skor dari 51.58 pada 2018 menjadi 50.06 di tahun 2019.

Di Asia, Singapura jadi yang terbaik dalam hal kemahiran berbahasa Inggris, sedangkan Indonesia berada di urutan ke-13.

Untuk di kawasan Asia Tenggara, Indonesia menempati posisi ke-5 di bawah Singapura yang mencatat skor tertinggi (66.82), Filipina (60.04), Malaysia (58.55) dan Vietnam (51.57).

Walaupun begitu, Indonesia memiliki beberapa provinsi dengan kemampuan bahasa Inggris terbaik seperti Yogyakarta, Jakarta, Jawa Timur, Bali, Kepulauan Riau,  dan bandung.

Atas pencapaian tersebut EF Education First memberikan predikat sebagai Best Region dan Most Improved Region kepada Yogyakarta, Jakarta, Jawa Timur, Bali, Kepulauan Riau,  dan bandung.

Diolah dari beberapa sumber

🔥36

If you liked this article
please click on the "Like!".