Terlalu Sering Mengetik, Dua Penyakit Ini Siap Mengintaimu

Ringkaskata.com | Selama ini sobat mungkin memandang pekerjaan menggunakan komputer tidaklah berbahaya. Namun, tindakan berulang dari waktu ke waktu seperti mengetik bisa menimbulkan penyakit loh sobat, yuk simak selengkapnya di bawah ini ya!

Ada dua penyakit paling rentan yang terjadi pada seseorang yang terlalu sering mengetik di laptop atau komputer, yaitu Repetitive Strain Injury (RSI) dan Carpal Tunnel Syndrome (CSI).

Mengetik dapat menyebabkan ketegangan pada bagian otot, tendon, saraf di lengan, hingga pergelangan tangan dan juga jari.

Karena itu, praktik mengetik yang aman bisa menjadi langkah pertama untuk menghindari nyeri pergelangan tangan dan jari.

Perlu sobat ketahui bahwa, CSI merupakan kondisi umum yang menyebabkan rasa sakit, mati rasa, dan kesemutan di tangan dan lengan, dilansir dari OrthoInfo. Kondisi ini terjadi ketika salah satu saraf utama ke tangan (saraf median) diperas atau dikompresi saat bergerak melalui pergelangan tangan.

Pada awalnya, gejalanya mungkin bisa dihilangkan dengan langkah-langkah sederhana seperti menggunakan belat pergelangan tangan atau menghindari aktivitas tertentu.

Namun, jika tekanan pada saraf median berlanjut, hal itu dapat menyebabkan kerusakan saraf dan gejala yang memburuk.

Sedangkan dilansir dari NHS, RSI adalah istilah umum untuk menggambarkan rasa sakit pada otot, saraf dan tendon akibat gerakan berulang.

Kondisi ini juga dikenal sebagai gangguan tungkai terkait pekerjaan atau nyeri tungkai atas non-spesifik. Penyakit ini memengaruhi beberapa bagian tubuh seperti lengan dan siku, pergelangan tangan serta leher dan bahu.

Jangan terlalu di paksakan saat mengetik ya sobat, agar tidak terkena dua penyakit ini!

Diolah dari beberapa sumber

 

🔥19

If you liked this article
please click on the "Like!".