BMKG Sumsel : Hujan Deras Di Prediksi Sampai 12-15 November 2019

Ringkaskata.com | Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca di beberapa wilayah di Sumatera Selatan, Rabu (13/11/2019).

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II, Bambang Beny Setiaji memperkirakan akan adanya potensi hujan di beberapa kawasan di Sumatera Selatan termasuk kota Palembang.

Dalam rilis yang dibagikan BMKG, hujan dengan kriteria sedang-lebat berpotensi terjadi di beberapa wilayah Sumsel pada 12-15 November 2019.

Tepatnya di Kota Palembang, Kabupaten Lahat, PALI, Ogan Komering Ulu (OKU), Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Muara Enim.

Serta Kota Prabumulih, Banyuasin, Muba, Musi Rawas, Muratara, Kota Lubuk Linggau, Empat Lawang dan Kota Pagar Alam.

“Sedangkan kriteria hujan ringan akan berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten OKU Timur, Kabupaten OI dan Kabupaten OKI,” Ujarnya.

Beny menjelaskan, potensi hujan terjadi dikarenakan secara regional, seiring melemahnya Badai Tropis Nakri dan adanya Pusat Tekanan rendah di Samudera Hindia.

“Fenomena tersebut mengakibatkan adanya munculnya Borneo Vorteks (Sirkulasi Kalimantan) yang menyebabkan masuknya massa udara dari Laut Cina Selatan dan Laut Jawa ke wilayah Sumsel”. Jelasnya.

Selain itu, Beny menambahkan bahwa suasana cuaca terpantau dengan suhu 34 Derajat Celcius dan kelembapan udara 68 persen.

“Pada siang harinya, cuaca wilayah Kota Palembang terpantau suhu udara akan berada pada 35 Derajat Celcius dengan kelembapan udara 40 persen” Tambahnya.

Untuk malam hari, cuaca di wilayah kota Palembang diprediksi dengan suhu 28 Derajat Celcius dan kelembapan udara 70 persen.

Sedangkan untuk dini hari Kota Palembang diprediksi asap dengan suhu udara 25 Derajat Celcius dan kelembapan udara 70 persen.

“BMKG mengimbau bagi seluruh masyarakat agar berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah dan utamakan kewaspadaan terhadap kondisi cuaca,”Tutupnya.

Diolah dari beberapa sumber

🔥7

If you liked this article
please click on the "Like!".