Lebih Sehat yang Mana, Air Putih atau Air Lemon di Pagi Hari?

Ringkaskata.com | Hallo Rinkss, apa kabarnya nih? Semoga tetap sehat ya, Btw sobat pada pagi harinya, minum apa? Air putih atau air lemon?

Dikutip dari situs Eat This, Not That, posisi air putih sebagai salah satu asupan yang diperlukan tubuh tidak bisa digantikan. Namun tidak salah jika sesekali menggantinya dengan air lemon sebagai alternatif saat bosan. Apalagi air putih atau dengan perasan lemon sama-sama tak mengandung campuran lain, misal gula.

“Tubuh kita sekitar 50-60 persen terdiri atas air. Artinya, tubuh perlu air supaya bisa berfungsi maksimal. Saat kita kekurangan air atau mengalami dehidrasi, semua organ bekerja lebih keras menjalankan fungsinya,” kata ahli diet Jennifer Maeng, RD, yang praktik di New York City.

Kecukupan konsumsi air putih per hari membantu tubuh mengeluarkan racun lewat urine, feses, dan mencegah terjadinya batu ginjal. Manfaat serupa juga diperoleh dari kandungan asam sitrat dalam lemon, yang mampu mencegah terbentuknya kristal mineral dan menjadi batu ginjal.

Menurut Maeng, manfaat yang diperoleh dari minum air lemon sebetulnya juga efek dari peningkatan konsumsi air putih tiap hari. Kebanyakan orang saat ini tidak minum cukup air putih setiap hari. Sehingga, minum air putih atau air lemon di pagi hari membantu tubuh terhidrasi sebelum beraktivitas.

Meski aman dikonsumsi, kandungan asam dalam lemon bisa membahayakan lapisan pelindung gigi. Dikutip dari Medical News Today, paparan asam terus menerus berisiko mengakibatkan gigi mudah berlubang. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya gunakan sedotan saat minum air dengan lemon.

Selain itu, jangan langsung sikat gigi usai minum air lemon. Sebaiknya tunggu hingga satu jam atau bilas dengan berkumur air putih terlebih dulu untuk menghilangkan efek asam. Sikat gigi saat suasana mulut asam berisiko mengakibatkan abrasi atau penipisan gigi.

Sumber : Detik.com

🔥15

If you liked this article
please click on the "Like!".