Jadi Tuan Rumah, Indonesia Siapkan 10 Stadion Pada Piala Dunia U-20 Mendatang

Ringkaskata.com |Indonesia berhasil menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Sebelumnya Indonesia harus bersaing dengan beberapa negara lainnya yang lebih menjadi fovorit untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 seperti Brazil dan peru.

Kepastian itu didapat setelah presentasi terakhir mengenai proses bidding yang dilaksanakan oleh dewan Federation Internationale of Football Association (FIFA) di Shanghai, Tiongkok, pada Kamis (24/10).

Dalam presentasi tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Ratu Tisha, berhasil meyakinkan dewan FIFA bahwa Indonesia layak dan siap untuk menggelar event sepak bola junior terbesar itu.

“Segala puji kepada Tuhan dengan segala kuasa-Nya. Berkat doa dan usaha kita semua, Indonesia resmi terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021!,” tulis @officialpssi pada caption-nya di Instagram.

Presentasi yang dilakukan oleh Tisha menuai pujian dari FIFA hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Selain itu, Indonesia juga berhasil melewati tiga tahapan yang dilakukan oleh FIFA sebelum penentuan nama tuan rumah, yang pertama adalah penyerahan dokumen yang terdiri dari 250 kategori, kedua adalah melengkapi dokumen administrasi dan yang ketiga adalah inspeksi langsung.

Sebagai tuan rumah dalam turnamen sepak bola tersebut, Indonesia mempersiapkan 10 stadion yang akan digunakan untuk pertandingan Piala Dunia U-20. Berikut Ringkaskata.com sudah merangkumnya dari berbagai sumber, Sabtu (27/10):

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta)

gbk.id

Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) menjadi primadona PSSI untuk maju dalam pemilihan tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Fasilitas di komplek GBK Senayan semakin lengkap setelah digunakan untuk kejuaraan Asian Games 2018.

Stadion yang didirikan tahun 1962 ini mampu menampung 77.193 penonton. Posisi strategis di pusat kota, akan memudahkan klub peserta yang bertanding nantinya.

2. Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi)

jakarta-tourism.go.id

Di Bekasi, ada stadion Patriot Candrabhaga yang layak menjadi venue Piala Dunia U-20 2021.

Stadion ini juga pernah menjadi tuan rumah dalam ajang Asian Games 2018. Kapasitas stadion yang berdiri tahun 2014 ini sebanyak 30.000 penonton.

3. Stadion Wibawa Mukti (Cikarang)

Kumparan.com

Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, dilengkapi dengan fasilitas memadai, mulai dari ruang ganti pemain hingga area kerja bagi para jurnalis yang akan meliput selama pertandingan. Berdiri tahun 2014, stadion ini mampu menampung 30.000 penonton.

4. Stadion Pakansari (Bogor)

Wikipedia

Stadion Pakansari berada di Cibinong, Kabupaten Bogor dan pernah menjadi markas Timnas Indonesia pada Piala AFF 2016. Stadion yang berdiri tahun 2014 ini memiliki kapasitas 30.000 penonton.

5. Stadion Jalak Harupat (Bandung)

Wikipedia

Sering digunakan sebagai arena pertandingan Timnas Indonesia, stadion Jalak Harupat masuk dalam daftar venue yang dipersiapkan PSSI untuk Piala Dunia U-20 2021.

Stadion Jalak Harupat terletak di Soreang, Kabupaten Bandung dan berkapasitas 27.000 penonton.

6. Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya)

Merdeka.com

Stadion Gelora Bung Tomo adalah markas tim kebanggaan Jawa Timur, Persebaya Surabaya. Awal berdiri tahun 2010 dengan kapasitaas 55.000 penonton.

7. Stadion Mandala Krida (Yogyakarta)

Youtube.com

Berdiri tahun 1978, stadion Mandala Krida diresmikan kembali pada Januari 2019. Stadion ini baru saja direnovasi dan akan disempurnakan pada 2020, mulai dari lampu stadion dan penerangan jalan, kursi tribune (single seat), dan pusat jajanan makanan serta minuman di lingkungan stadion.

Kapasitas stadion ini mampu menampung 25.000 penonton.

8. Stadion Manahan (Solo)

Dok. Kementerian PUPR

Venue lainnya untuk Piala Dunia U-20 2021 yang juga dipersiapkan Indonesia adalah Stadion Manahan, Solo. Stadion ini termasuk kandang alternatif Timnas Indonesia di pusat kota Solo. Dibangun tahun 1998, stadion ini memiliki kapasitas 20.000 penonton.

9. Stadion Gelora Sriwijaya/Jakabaring (Palembang)

Wkipedia

Gelora Sriwijaya atau Jakabaring diakui sebagai salah satu stadion bertaraf internasional terbaik. Karena itu, stadion ini direkomendasikan menjadi venue pertandingan Piala Dunia U-20 2021.

Sebelumnya, stadion dengan kapasitas 23.000 penonton ini pernah menjadi tuan rumah dalam ajang SEA Games 2011, Asian Games 2018, dan Islamic Solidarity Games 2013.

10. Stadion I Wayan Dipta (Bali)

Youtube

Stadion ini unggul sebagai pendamping stadion utama GBK karena banyak pesawat dari luar negeri yang terbang langsung ke Denpasar, Bali.

Berdiri tahun 2003, stadion I Wayan Dipta mampu menampung 23.000 penonton dan juga menjadi kandang alternatif Timnas Indonesia.

Sumber : Indozone

 

 

🔥10

If you liked this article
please click on the "Like!".