Begini Kisah Di Balik Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Ringkaskata.com | Hello Rinks, ada yang tau hari ini tanggal berapa? Ya, 10 oktober 2019 yang merupakan hari kesehatan jiwa sedunia atau yang disebut World Mental Health Days.

Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia ini sudah berlangsung yang ke-27 kalinya. Hari Kesehatan Jiwa Sedunia pertama kali diperingati pada 10 Oktober 1992.

Melansir dari situs resmi World Federation For Mental Health (WFMH), sejak pertama kali di gelar oleh Wakil Sekretaris Jenderal Richard Hunter dan menjadi agenda tahunan WFMH.

Pada awalnya, hari ini diperingati tanpa adanya tema khusus. Tujuannya adalah secara umum mempromosikan advokasi kesehatan jiwa dan mendidik masyarakat tentang isu-isu mengenai kesehatan jiwa.

Pada tahun 1994, atas saran Sekretaris Jenderal saat itu, Eugene Brody, untuk pertama kalinya, peringatan hari tersebut ditentukan temanya.

Tema pertama perayaan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia pada saat itu adalah “Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan Mental di Seluruh Dunia”.

Tahun ini, WHO mengajak untuk turut berkontribusi terhadap masalah kesehatan mental atau kesehatan jiwa melalui tantangan bertajuk “40 Seconds of Action”.

Dikutip dari laman resmi WHO, setiap orang bisa berperan dan berkontribusi mencegah terjadinya kasus bunuh diri.

Berdasarkan data WHO, bunuh diri terjadi setiap 40 detik sekali di seluruh dunia.

Melalui Hari Kesehatan Jiwa Dunia, mengingatkan kita bahwa mengakhiri hidup dengan cara pintas bisa terjadi pada siapa pun, tanpa mengenal latar belakang sosial maupun kelompok usia.

selain itu, Pada tahun 2015 bersamaan dengan peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Kementerian Kesehatan RI meluncurkan aplikasi Android, Sehat Jiwa yang dapat diunduh gratis oleh masyarakat melalui Playstore.

Melansir laman resmi Sehat Jiwa, Sehat Jiwa merupakan sebuah aplikasi gratis dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk memberikan informasi mengenai kesehatan jiwa dan solusi yang mudah dan cepat dalam melaporkan atau mengecek apabila terdapat pasien kesehatan jiwa di sekitar masyarakat.

Di olah dari beberapa sumber

 

🔥9

If you liked this article
please click on the "Like!".