Hari Guru Sedunia, Yuk Intip Bedanya dengan Hari Guru Nasional

Ringkaskata.com | Hello Rinks, tau gak hari ini tanggal berapa? Yaps, hari ini tanggal 5 oktober 2019 yang merupakan hari guru sedunia.

Namun, Rinks sadar gak bahwa dalam satu tahun ini, kita dua kali merayakan hari guru, lho. Pertama, hari guru sedunia tepat pada hari ini dan juga hari guru nasional pada 25 November.

Hari guru sedunia dan hari guru nasional ternyata berbeda loh, penasaran? yuk simak di bawah ini yah.

Peringatan hari guru internasional mulai dilakukan pada tanggal 5 Oktober 1994. Artinya tahun ini akan menjadi peringatan yang ke-25. Tanggal 5 Oktober dipilih, karena pada tanggal tersebut dokumen Unesco mengenai status seluruh guru di dunia ditandatangani.

Dokumen yang berisi status guru di dunia tersebut membahas tentang bagaimana standarisasi dalam proses perekrutan guru di dunia. Juga mengenai bentuk pelatihan untuk meningkatkan kinerja para tenaga pendidik. Selain itu isi dari dokumen adalah advokasi pekerjaan serta sejauh mana kondisi guru sebagai tenaga profesional di seluruh negara dunia.

Selain itu, ketika peringatan Hari Guru Sedunia, para orangtua dan murid berbondong-bondong mencari hadiah untuk diberikan kepada guru. Berbagai benda sederhana seperti mug, coklat, buku atau tas biasanya menjadi pilihan.

Bukan hanya itu, perayaan Hari Guru Sedunia juga dapat diperingati dengan melakukan kegiatan menyenangkan. Di antaranya menggelar pertunjukan di sekolah, bermain game, piknik, atau hanya sekadar mengucapkan terima kasih kepada guru.

Hari Guru Nasional

Sejumlah negara mencanangkan Hari Guru Nasionalnya masing-masing. Misalnya, Amerika Serikat yang jatuh pada minggu pertama Mei, Argentina pada 11 September, Hong Kong pada 10 September, dan Korea Selatan pada 15 Mei.

Indonesia juga punya Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November, bertepatan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia.

PGRI sudah berdiri sejak 1945 sebenarnya, tapi baru pada 1994, pemerintah lewat Kepres No 78 Tahun 1994  menetapkan tanggal berdirinya PGRI sekaligus jadi Hari Guru Nasional. Penetapan ini pun ditegaskan lagi lewat UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Tujuannya sama dengan Hari Guru Sedunia, untuk mengapresiasi, mendukung, serta mendorong kualitas guru  Indonesia. Tujuan akhirnya, agar pendidikan kita bisa lebih maju lagi.

Apa pun perbedaannya baik hari guru sedunia maupun nasional, kita tetap harus hormati guru kita karena guru orang yang berjasa dalam mendidik dan mengajarkan ilmu kepada kita ya sobat.

Diolah dari beberapa sumber

🔥24

If you liked this article
please click on the "Like!".