Perkiraan BMKG Sumsel Tanggal 23-24 September Bakal Terjadi Hujan

Palembang, Ringkaskata.com | di Tengah kabut asap yang semakin pekat disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan (karhutla), menyelimuti Palembang, Sumatera Selatan akhir-akhir ini.

Menurut Bambang Beny Setiaji selaku Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang mengatakan bahwa dari model perkiraan cuaca akan muncul potensi hujan dalam rentang waktu tanggal 23-24 September 2019 di wilayah Sumatera Selatan.

“Berdasarkan persentase, tanggal (23/9) peluang hujan mencapai 20-40 persen untuk Sumsel bagian tengah-timur dan 40-80 persen untuk barat,” terang bambang.

Bambang juga menjelaskan bahwa untuk seluruh wilayah Sumsel memiliki peluang hujan yang cukup besar dengan 40-80 persen.

“Sedangkan pada tanggal (24/9) peluang hujan 40-80 persen untuk seluruh wilayah Sumsel serta peluang hujan minimal 10 mm,” jelasnya.

Sementara itu, angin permukaan yang tercatat di BMKG Sumsel umumnya dari arah  tenggara dengan kecepatan 5-20 Knot (9-37 Km/Jam) mengakibatkan potensi masuknya asap akibat Karhutla ke wilayah Kota Palembang dan sekitarnya.

Sumber dari LAPAN Tanggal 19 September 2019 juga mencatat ada beberapa titik panas di wilayah sebelah selatan-tenggara Kota Palembang dengan tingkat kepercayaan di atas 80% yang berkontribusi asap ke wilayah Kota Palembang yakni pada kawasan SP Padang, Banyu Asin I, Pampangan, Pedamaran, Tulung Selapan, Cengal, Pematang Panggang, Air Sugihan, Pedamaran dan Mesuji.

Sedangkan untuk Intensitas Asap (Smoke) umumnya meningkat terjadi pada dini hari menjelang pagi hari (01.00-07.00 WIB) ini dikarenakan labilitas udara yang stabil pada waktu tersebut.

Fenomena Asap ini sendiri diindikasikan dengan kelembapan yang rendah dengan partikel-partikel kering di udara yang dihasilkan dari proses pembakaran, hal ini berpotensi diperburuk jika adanya campuran kelembapan yang tinggi (partikel basah/uap air) sehingga membentuk fenomena Kabut Asap (Smoke).

Sumber : TribunSumsel

 

🔥17

If you liked this article
please click on the "Like!".