AJI Sumsel : PentingnyaCek Fakta Sebelum Sharing

Pentingnya saring sebelum sharing

Ringkaskata.com | Dengan maraknya berita bohong atau hoaks yang beredar luas di masyarakat, Aliansi Jurnalistik Idependen (AJI) bekerjasama dengan Internnews, Google News Initiative (GNI) dan Forum Komunikasi Pers Mahasiswa (FKMPMS) se-Sumsel mengadakan seminar melawan hoaks dengan pengecekan fakta, Senin (29/09/2019) di gedung Student Centre Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Jumlah peserta yang hadir pada seminar ini sebanyak 47orang yang terdiri dari masyarakat umum, mahasiswa, blogger, akademisi, pegiat NGO, dan jurnalis. Materi seminar disampaikan oleh Hendra Makmur selaku Koordinator AJI Sumatera dan Ibrahim Arsyad yang merupakan Ketua Aji kota Palembang.

Tujuan diadakannya seminar tersebut ialah untuk membangun kesadaran publik atas pentingnya verifikasi dan fact-checking kepada semua informasi yang diperoleh di internet.Serta berbagi praktik terbaik dalam pengamanan diri di dunia digital dan verifikasi informasidan mengkampanyekan program Google News Initiative Training Network yang sedang dijalankan.

Dalam seminar training ini, para peserta diberikan materi berupa pelatihan mengenai pengamanan diri di dunia digital dan bagaimana meningkatkan pemahaman terhadap berita yang belum terverifikasi di dunia maya dengan tools yang ada seperti RevEye. Serta bagaimana cara meningkatkan keamanan akun pribadi menggunakan Digital Hygiene.

Salah satu mahasiswi, Suci, mengatakan kegiatan ini bagus dan berguna, khususnya untuk para mahasiswa jurnalistik guna memperlajari bagaimana cara mencari tahu suatu informasi tersebut hoaks atau bukan.

Ya bagus dan berguna, apalagi untuk para mahasiswa jurnalistik. Kita juga diajarkan serta praktek langsung bagaimana membedakan mana berita yang benar dengan berita yang palsu atau hoaks, sehingga kita jadi tahu dan bisa mempraktekannya diluar nantinya ujar mahasiswi jurusan jurnalistik UIN tersebut.

 

Mas23 / ALI

🔥22

If you liked this article
please click on the "Like!".