Perpustakaan, sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan

Oleh Wintia Carolin Putri  

Menurut sulistiyo Basuki, Perpustakaan adalah gudang yang menyimpan buku yang disusun berdasarkan susunan tertentu. Perpustakaan adalah tempat menyimpan atau gedung atau bangunan tempat penyimpanan buku dan semua bahan pustaka. Perpustakaan dapat diartikan sebagai koleksi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, serta dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku dengan biaya sendiri. Perpustakaan juga dapat diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia.

Didalam perpustakaan juga terdapat pustakawan, yaitu orang yang bekerja diperpustakaan atau lembaga sejenisnya yang berlatar belakang pendidikan ilmu perpustakaan. Selain itu juga ada organisasi informasi dan koleksi yang gunanya itu untuk mengelolah, menata, menyimpan, menyebarluaskan hingga sistem temu kembali secara sistematis.

Perpustakaan juga dibagi atas 7 jenis, antara lain perpustakaan internasional, perpustakaan nasional, perpustakaan umum, perpustakaan pribadi, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah, dan perpustakaan perguruan tinggi. Menurut Sulistiyo Basuki, pembagian jenis-jenis perpustakaan ini sendiri dikarenakan adanya 3 faktor. Yaitu : Tanggapan terhadap keperluan informasi berbagai kelompok pembaca, tanggapan terhadap berbagai jenis pustaka, dan tanggapan berlainan mengenai spesialisasi subjek.

Tetapi seiring dengan berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi, banyak sekali ditemukannya media-media penyimpanan baru baik cetak atau seni lainnya. Seperti DVD, rekaman, video, audio serta internet dan sebagainya.

Perpustakaan menjadi sumber ilmu pengetahuan dan informasi. Peran perpustakaan sangatlah penting bagi lembaga pendidikan, sehingga menjadikan perpustakaan sebagai jantungnya pendidikan karena berbagai macam informasi bisa kita dapatkan diperpustakaan yang ikut menentukan keberhasilan proses penyampaian ilmu pengetahuan itu sendiri. Perpustakaan merupakan upaya meningkatkan dan memelihara efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar. Perpustakaan yang terorganisasi secara baik dan sistematis, secara langsung ataupun tidak dapat diberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di tempat perpustakaan itu berada. Ini juga terkait dengan kemajuan bidang pendidikan dan dengan adanya perbaikan metode balajar mengajar yang dirasakan bisa dipisahkan dari masalah penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan.

Keberadaan perpustakaan dengan dunia pendidikan memiliki keterkaitan yan sangat erat. Perpustakaan berfungsi sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan dan informasi. Sedangkan pendidikan, merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran.

Untuk itulah, perpustakaan harus dapat memainkan peran, khususnya dalam membantu untuk mencapai tujuan pendidikan. Agar tujuan tersebut tercapai, perpustakaan perlu berbenah dengan mempersiapkan tenaga pustakawan yang professional,koleksi yang menarik dan berkualitas,serta layanan dan fasilitas yang baik dan ramah, sehingga menarik minat masyarakat untuk memanfaatkan perpustakaan.

 

Tujuan perpustakaan adalah untuk membantu masyarakat atau pemustaka dalam segala umur dengan memberikan kesempatan dengan dorongan melalui jasa pelayanan perpustakaan agar mereka:

  • Dapat mendidik dirinya sendiri dan juga orang lain
  • Menjadikan pemustaka tanggap dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan informasi, kehidupan sosial, serta agama
  • Menjadikan pemustaka itu merdeka dalam pemikiran yang konstruktif dan dapat menjadikan anggota keluarga dan masyarakat yang lebih
  • Pengembangkan kreatifitas, membina rohani dan diharapkan dapat menghargai hasil karya manusia lain dalam penggunaan kemampuannya
  • Diharapka dapat meningkatkan taraf hidup dan juga lapangan pekerjaan
  • Dapat menjadi warga Negara yang baik serta berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan nasional
  • Menperggunakan waktu senggang dengan baik, sehingga memperoleh manfaat bagi kehidupan pribadi dan juga sosial
🔥341

If you liked this article
please click on the "Like!".