Serba-Serbi Pemilu 2019

Ringkaskata.com | Hello rinkss…., apa kabarnya nih! Hmm semoga kita baik-baik saja ya, wah gak terasa banget pemilu 2019 telah usai, Rinkss tau gak beberapa hal yang menarik pasca pemilu 2019 ini, penasaran apa saja itu? Yuk simak selengkapnya di bawah ini…

Rabu (17/4) menjadi hari yang penting dan bersejarah di Indonesia, karena digelarnya Pemilihan Umum serentak, untuk Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif. Ini kali pertama di dunia Indonesia melaksanakan pemilihan serentak dan masing-masing orang memilih dengan lima surat suara yang berbeda.

Yuk, intip serba serbi yang terjadi pada Pemilu 2019 ini? Cek langsung di bawah ini:

Petugas KPPS dan Petugas Pengamanan Meninggal

kompas

KPU menyebut total ada 54 petugas KPPS atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang meninggal dunia pada saat penyelenggaraan Pemilu 2019. Jumlah itu didapat KPU berdasarkan data yang dikumpulkan hingga 21 April kemarin.

“(Dari) 86 petugas yang mengalami musibah (yang) meninggal 54 (orang) dan sakit 32 orang,” ujar Komisioner KPU Viryan Aziz di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).

Mabes Polri mendata 15 anggota kepolisian gugur usai bertugas mengamankan jalannya Pemilu 2019. Kondisi fisik jajaran Korps Bhayangkara diminta untuk benar-benar diperhatikan.

“Sampai dengan hari ini sudah ada 15 anggota yang gugur dalam melaksanakan tugas,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (22/4/2019).

Google Doodle Pemilu

Liputan6

Pada 17 April 2019 ada yang menarik nih bahwa akses pencarian Google pun meramaikan perhelatan akbar pemilihan umum Indonesia loh, dengan gambar mesin pencari berupa karikatur Pemilu.

TPS Unik 

Brilio

Sejumlah Tempat Pemungutan Suara di Jakarta dan beberapa daerah di Indonesia tampil unik dengan dekorasi atau kostum para panitia pemilu yang mengusung tema tertentu. Di antaranya ada yang mendekor mirip pesta pernikahan, ada juga yang panitianya mengenakan kostum para superhero Spiderman dll.

Selfie para seleb 

Tribunnews

Usai menggunakan hak pilih dan mencoblos, sejumlah selebriti tanah air memamerkan jari dengan tinta ungu mereka. Diantaranya artis Nicholas Saputrayang memamerkan jarinya usai mencoblos pada pemilihan umum serentak. 

Indikasi Kecurangan Pemilu

IDNJurnal

Salah satu hal yang ikut menjadi perbincangan di masyarakat adalah munculnya indikasi kecurangan yang terjadi pada pemilu tahun ini. Terlebih lagi di dunia maya, para penggiat medsos terus mengunggah berbagai bentuk kecurangan yang ada di lapangan, mulai dari lembar suara yang sudah tercoblos, kekurangan lembar suara, hingga sistem situng KPU yang sering salah input.

Itu lah beberapa serba serbi pasca pemilihan umum 2019, untuk kejadian petugas yang meninggal demi melancarkan pemilu ini semoga lain waktu tidak terjadi lagi yah dan bisa di beri apresiasi tinggi bagi mereka semua.

 

Ar_10 /di ALI

Dari berbagai sumber

🔥47

If you liked this article
please click on the "Like!".