NASA Akan Terbangkan Para Astronot Perempuannya Untuk Spacewalk

Ringkaskata.com | Tepat pada bulan perayaan Hari Perempuan Internasional, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan segera menyiapkan spacewalk bagi para astronotnya pada 29 Maret mendatang.

Spacewalk merupakan keadaan dimana astronot akan keluar dari stasiun luar angkasa. Biasanya hal ini dilakukan untuk melakukan perbaikan teknis yang tidak bisa diatasi oleh robot.

Uniknya, para astronot tersebut semuanya perempuan. Kedua astronot tersebut ialah astronot NASA Anne McClain dan Christina Koch yang akan melakukannya.

Selama berada di luar angkasa, para astronot perempuan ini akan melakukan sejumlah tugas berbeda. Mulai dari memperbaiki dan memasang instrumen, hingga melakukan eksperimen ilmiah.

Penerbangan kali ini diperkirakan berlangsung selama tujuh jam, namun juga bisa berubah.

Kabar bahwa semua kru yang terlibat dalam spacewalk 29 Maret 2019 nanti adalah perempuan datang dari kicauan Facciol melalui akun twitternya

“Saya baru saja tahu bahwa saya akan berada di konsool memberikan dukungan untuk SPACEWALK YANG SELURUH KRUNYA PEREMPUAN PERTAMA di dunia dengan @AstroAnnimal dan @Astro_Christina dan saya tidak bisa menahan kegembiraan saya!!!” tulis Facciol dalam cuitannya.

Juru Bicara NASA, Stephanie Schierholz, mengaku bahwa perjalanan ini merupakan yang kali pertama semuanya diikuti oleh perempuan. Perjalanan ini juga merupakan tiga rangkaian yang direncanakan.

“Tugas dan jadwal bisa berubah. Wahana antariksa yang isinya perempuan semua ini bukan sesuatu yang secara khusus direncanakan oleh NASA. Ini terjadi begitu saja,” ungkap Schierholz.

Dia juga mengatakan bahwa misi ini akan menjadi salah satu dari tiga operasi yang dijadwalkan akan dilakukan setelah ISS memiliki 6 astronot. Saat ini, di ISS telah ada tiga astronot yang bertugas.

Selanjutnya, 14 Maret 2019 kapsul luar angkasa Soyuz akan membawa kosmonot Alexey Ovchinin, astronot NASA NIck Hague, dan Christina Koch ke ISS.

Juru bicara tersebut juga menyebut bahwa memang keren memikirkan bahwa seluruh kru misi spacewalk mendatang adalah perempuan.

Untuk diketahui, wanita Amerika pertama yang berhasil melakukan perjalanan ke luar Bumi adalah Sally Ride. Ia diterbangkan tahun 1983. Nah, sejak tahun 1983 itu, ini merupakan spacewalk pertama yang dilakukan oleh dua anggota wanita. Sebelumnya, spacewalk hanya dilakukan oleh astronot pria, atau kombinasi pria dan wanita

 

Rep: Mas23 / Ed: ALI

Diolah dari berbagai sumber

🔥20

If you liked this article
please click on the "Like!".