Kabupaten Ogan Ilir Berhasil Pecahkan Rekor MURI Penyajian Seribu Pindang

Palembang, Ringkaskata.com | Kabupaten Ogan Ilir (OI) berhasil mendapatkan piagam dari Museum Rekor Indonesia (MURI) setelah memecahkan rekor penyajian pindang terbanyak yakni berjumlah seribu pindang dalam acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan 2019 yang diselenggarakan di halaman Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai Indralaya, Minggu (3/03/19).

Acara yang juga dihadiri oleh Kemendikbud RI, Prof. Drs. H. Mahadjir Effendi MAP ini menyajikan ribuan porsi pindang pegagan dan pindang meranjat yang merupakan makanan khas dari masyarakat Caram Seguguk yang tersaji di gerai – gerai pindang yang telah disediakan oleh pihak panitia.

Tidak ketinggalan beberapa pindang ikan air tawar juga ikut tersaji dalam acara tersebut antara lain, pindang ikan toman, gabus, patin, dan jenis ikan air tawar lainnya.

Usai menerima piagam penghargaan rekor MURI, Bupati OI, HM Ilyas Panji Alam mengatakan, tahun 2019 ini merupakan tahun budaya.

“Tahun ini merupakan tahun budaya oleh karena itu pada kegiatan ini disajikan seribu porsi pindang khas Kabupaten OI,” ujarnya.

Selain sukses memecahkan rekor MURI, Bupati OI juga menambahkan bahwa acara ini melibatkan banyak pihak terkhususnya masyarakat Kabupaten Ogan Ilir.

“Penyajian pindang ini melibatkan berbagai elemen mulai dari lembaga sekolah PAUD, SD, hingga Dinas dan Badan dilingkungan Pemkab OI,” ungkapnya.

Sementara itu, Kemendikbud juga memberikan apresiasi kepada Pemkab OI karena berhasil memecahkan rekor MURI kategori penyajian pindang terbanyak.

Menurut Kemendikbud, acara ini sangat bagus untuk melestarikan makanan khas daerah Sumsel ini.

“Ini cukup bagus, tadi saya juga sempat mencicipi, berhubung saya tidak suka dengan makanan pedas jadi saya hanya mencicipinya sedikit. Tapi rasanya enak,” ungkapnya.

 

Rep : MI10

🔥16

If you liked this article
please click on the "Like!".