Lagi, Sebanyak 50 Juta Akun Pengguna Facebook Diretas Pembobol

Ringkaskata.com | Lagi-lagi, Facebook mengungkapkan ada 50 juta akun penggunanya yang dibobol peretas pada Jumat (28/9). Fakta terbaru ini terungkap saat peretas diketahui berupaya membobol tiga peranti lunak demi mengambil alih ‘token’ yang berfungsi layaknya kunci digital untuk mengakses akun pengguna.

Menurut keterangan, CEO Facebook Mark Zuckenberg,  pihaknya menemukan adanya pelanggaran yang janggal sejak Selasa (25/9) dan hal itu bertambah banyak tepat dua hari setelahnya yakni pada Kamis (27/9).

“Ini merupakan masalah serius. Hanya kami tidak tahu apakah ada akun yang benar-benar disalahgunakan oleh para peretas, “ungkap Zuck seperti dirangkum AFP.

Sebagai upaya pencegahan, untuk sementara ini, Facebook akan menghapus fitur ‘view as’ pada laman akun pengguna. Facebook menjelaskan fitur ini sebagai alat privasi yang memungkinkan pengguna melihat profil mereka sendiri untuk dilihat oleh orang lain.

Zuck memastikan pihaknya telah memperbaiki isu kerentanan tersebut. Pihak Facebook juga telah melaporkan permasalahan ini kepada pihak berwajib.

“Sudah jelas bahwa peretas mengeksploitasi kerentanan yang ada pada kode Facebook,” ungkap wakil presiden manajemen produk Guy Rosen.

Untuk 50 jutaakun yang diretas, Facebook telah meresetnya sehingga pengguna akan diminta untuk memasukkan kembali kata sandi saat hendak mengaksesnya.

 

Sumber :cnnindonesia

Rep : Gates / Ed : KIS

🔥574

If you liked this article
please click on the "Like!".