Pendaftaran capres-cawapres sudah dibuka oleh pihak KPU, Sabtu (4/8/18). Hari ini merupakan hari pendaftaran Pilpres 2019, namun hingga saat ini suasana di KPU masih terlihat sepi.

Ringkaskata.com | Dilansir dari kumparan,  suasana KPU hingga siang tadi jam 12:50 WIB masih sepi,  tidak ada tanda-tanda aktivitas pendaftaran. Penjaga keamanan nampak ketat sekali di pintugerbang KPU.

Nampak juga tenda besar dan beberapa baris kursi yang masih kosong terletak dihalaman KPU. Yangada hanya sejumlah petugas keamanan dan beberapa awakmedia yang terlihat disana.

Sementara di lantai 2 gedung KPU yang merupakan ruangan utama untuk pendaftaran juga tidak tampak adanya aktivitas. Ketua KPU, Arief Budiman menjelaskan bahwa pendaftaran dibuka sejak tanggal 4 Agustus – 10 Agustus. Untuk tanggal 4 Agustus – 9 Agustus, pendaftaran dibuka sejak pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. Sedangkan tanggal 10 Agustus, pendaftaran dibuka sejak pukul 08.00 WIB – 00.00 WIB.

“Pendaftaran akan dimulai pukul 8 pagi sampai dengan 4 (sore) dari tanggal 4-9. Kalau tanggal 10 dari jam 8 (pagi) sampai jam 24 (tengah malam). Sekalian juga telah siapkan tempat untuk pemeriksaan kesehatan,” kata Arief di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

Sementara kata Ilham Saputra,  Komisioner  KPU mengimbau bahwa para capres-cawapres tidak diharuskan untuk mendaftarkan dihari pertama pendaftaran,  namun para capres-cawapres diharapkan memberikan kabar sebelum pendaftaraan kepada pihak KPU.

“Kami mengimbau tidak memaksakan untuk pendaftaran di awal. Tapi kita mengimbau untuk memberikan kabar sehari sebelum pendaftaran,” tutur Ilham.

Seperti yang kita tahu,  bahwa Jokowi dan Prabowo Subianto adalah kandidat capres yang akan maju di Pilpres 2019. Namun,  hingga saat ini kedua bakal capres tersebut belum mengumumkan siapa yang akan menjadi cawapres dari keduanya.

Beberapa minggu lalu,  Jokowi dikabarkan telah mengantongi 5 bakal cawapres yang akan mendampinginya. Sedangkan capres Prabowo telah mempertimbangkan tiga nama cawapres yang mendampinginya,  yakni Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri, Ustaz Abdul Somad, dan Ketua Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

 

Rep: KIS/Ed: Azz

Sumber: kumparan