Mungkin sobat sudah tahu tentang penyakit satu ini atau ada dari keluarga sobat yang terkena penyakit ini. Ya, Varises.

Ringkaskata.com | Varises adalah pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang biasanya terjadi pada bagian kaki akibat penumpukan darah. Orang-orang yang menderita penyakit ini, pembuluh vena mereka juga dapat terlihat menonjol keluar berwarna biru atau ungu tua.

Selain itu, gejala-gejala lain yang bisa ditimbulkan oleh penyakit varises adalah pembengkakan pada kaki bagian bawah (termasuk mata kaki), kaki terasa berat dan tidak nyaman, perubahan warna kulit kaki bagian bawah atau kulit tampak kering, dan kram otot kaki.Varises juga bisa terjadi di semua pembuluh vena pada tubuh, namun kondisi ini paling sering terjadi di kaki (terutama betis) karena tekanan yang besar saat kita berdiri atau berjalan.

Kasus varises kebanyakan dialami oleh wanita dibanding pria. Selain berjenis kelamin wanita, faktor lain yang bisa meningkatkan seseorang terkena varises adalah obesitas, kehamilan, dan usia tua. Biasanya yang menyebabkan varises adalah rusaknya pembuluh vena.

Pembuluh vena berfungsi mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Di dalam pembuluh vena, ada katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah agar darah yang sudah melewatinya tidak dapat kembali lagi. Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan terjadinya arus balik darah dan penumpukan darah di dalam pembuluh vena. Penumpukan inilah yang kemudian menyebabkan pembuluh tersebut melebar.

Namun kondisi varises yang masih tergolong ringan masih dapat ditangani sendiri di rumah dengan cara menggunakan stoking antivarises atau yangdikenal juga dengan bebat kompresi. Tujuan menggunakan stoking ini adalah untuk meredakan gejala, mencegah varises bertambah parah, serta menghindari terjadinya komplikasi berupa luka atau pendarahan.

Selain menggunakan stoking antivarises, sobat juga harusmenghindari berdiri terlalu lama dan luangkan beberapa saat untuk mengistirahatkan kaki kalian dalam posisi tubuh direbahkan dengan diberi penyangga (posisi kaki lebih tinggi dari badan). Jangan lupa untuk selalu menjaga berat badan ideal dan rutin berolahraga.

Jika rasa tidak nyaman atau nyeri akibat varises masih terasa meskipun kalian sudah melakukan penanganan di rumah, atau bahkan menimbulkan komplikasi, maka sebaiknya sobat segera periksakan diri kalian ke dokter. Metode pengobatan yang mungkin disarankan oleh dokter adalah operasi pengangkatan pembuluh vena yang mengalami varises dan operasi penutupan pembuluh vena dengan menggunakan bahan khusus berbentuk busa (skleroterapi) atau dengan menggunakan panas (endothermal ablation).

Jangan anggap enteng penyakit varises, meskipun tidak menular, namun penyakit ini tetap dapat menggangu kegiatan kita sehari-hari bahkan dapat menyebabkan komplikasi yang lebih parah. Jadi, apabila sobat sudah mulai meresakan gejala seperti yang dijelaskan diatas, maka segera istirahatkan kaki kalian jika telah melakukan perjalanan panjang maupun beraktivitas yang membuat kaki lelah,  agar tidak terkena varises.

 

Rep : MI10 / Ed : KIS

Sumber : Alodokter