Pihak kepolisian telah mengeluarkan surat perintah penghentian penyelidikan (SP3) atas kasus dugaan penistaan agama oleh Sukmawati Soekarnoputri lewat puisi ‘Ibu Indonesia’.

Jakarta,Ringkaskata.com | Menanggapi kasus tersebut, Wakil Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zainut Tauhid mengajaksemua masyarakat untuk menghormati keputusan Hukum.

“Hormati proses hukum dan percayakan kepada pihak yang memiliki kewenangan untuk itu, jangan mengembangkan dugaan-dugaan lain yang justru dapat menimbulkan kegaduhan,” kata Zainut saat dikonfirmasi oleh wartawan, Minggu (17/6/18).

Ia menambahkan bahwa pihaknya tidak tahu persis mengapa pihak kepolisian menghentikan kasus tersebut namun MUI menghormati keputusan tersebut.

“Saya tidak tahu persis alasan penghentian perkara tersebut. Saya meyakini kepolisian memiliki alasan yang kuat untuk hal itu, dan MUI menghargai keputusan tersebut,” sambung Zainut.

Selain itu, Zainut menjelaskan bahwa ada beberapa penyebab pihak kepolisian menghentikan suatu kasus. Seperti kasus yang bersangkutan tidak masuk kearah tindak pidana.

“Dalam ketentuan hukum, SP3 bisa diterbitkan jika perbuatan yang disangkakan bukan merupakan tindak pidana, melainkan perbuatan perdata,” tukasnya

Sebelumnya Mabes Polri telah melakukan penyelidikan dan hasilnya tidak ditemukan unsur pidana dalam kasus yang dilakukan oleh Sukmawati Soekarnoputri lewat puisi ‘Ibu Indonesia’.

“Tidak ditemukan perbuatan melawan hukum atau perbuatan pidana, sehingga perkara tersebut tidak dapat dinaikkan atau ditingkatkan ke tahap penyidikan. “ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigadir Jenderal M. Iqbal.

 

Rep : Ab_25 / Ed : KIS

Diolah dari berbagai sumber