Ringkaskata.com | Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan, Vietnam merupakan salah satu pesaing Indonesia dalam hal pariwisata selain Malaysia. Sebabnya karena mereka juga menargetkan wisatawan internasional (WI) hampir sama dengan Indonesia yaitu 17 juta orang.

Arief menambahkan, Vietnam bahkan telahmelakukan gerakan kejutan untuk merealisasikan rencananya. kabarnyaderegulasi besar-besaran yang pernah dilakukan Jepang lima tahun silam sekarang mereka lakukan, Jepang pernah berhasil menaril pengunjung dengan hal ini.

“Kalau mau menangnya ujungnya deregulasi. Jepang naiknya dua kali lipat dari 2011 ke 2013, dari 9 juta ke 20 juta hanya dalam dua tahun. Vietnam melakukan deregulasi besar-besaran, sehingga dia menjadi investor darling karena mudah sekali investasi di sana,” ujar Arief dilansir dari Kumparan, Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (30/1).

Dengan deregulasi, Vietnam berani menargetkan jumlah WI menyamai Indonesia.

“Vietnam targetkan 17 juta, padahal dia start dari angka yang jauh lebih rendah dari Indonesia,” jelasnya.

saat Vietnam disibukkan dengan deregulasi untuk meningkatkan kunjungan WI. Indonesia masih berbelit dalam persoalan regulasi yang tak pernah selesai.

“Di Indonesia, kalau mau deregulasi total ini sulit. Kita ada 550 kota. Kalau mau gampang buatlah KEK (kawasan ekonomi khusus) untuk investasi sebanyak-banyaknya, karena di KEK bisa buat aturan khusus,” tutupnya.

 

Rep : KTR-MIN / Ed : Azz

Sumber : Kumparan