Based Transceiver Station (BTS) merupakan teknologi yang dapat mengantisipasi lonjakan trafik data di sepanjang jalur mudik.

Ringkaskata.com | Sebanyak 100 BTS telah didirikan di sejumlah tol jalur mudik lebaran 2018,yang disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika.

Seperti yang kita tahu, menjelang atau setelah hari raya Idul Fitri, di jalan pasti akan mengalami lonjakan yang disebabkan oleh banyaknya pemudik. Rudiantara sendiri mengatakan terdapat peralihan lonjakan trafik data saat mudik dari jalur Pantura ke jalan tol.

“Aman, sudah diantisipasi, operator mengikuti pergerakan manusia,” kata Rudiantara di sela-sela acara open house di kediamannya di bilangan Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (15/6/18).

Rudiantara sendiri tidak mengatakan dimana titik penempatan BTS, namun untuk menganalisis pergerakan pemudik sehinga dapat menampung trafik para pengemudi, Rudiantara mengatakan telah menggunakan operator seluler sebelumnya.

wikipedia

“Pergerakan ini berpindah, dari jalur tol sekarang diteruskan tol nya, jaringan di jalan tol di optimalisasi,” ujar dia.

DirjenPPI/KetuaBRTI, AhmadM.Ramli mengatakan bahwaada beberapa poin penting terkait kesiapan jaringan dan layanan telekomunikasi saat mudik. Pertama, menambahkan kapasitas di setiap lokasi keberangkatan maupun kedatangan mudik. Dan menambahkan kapasitas baik jalur darat mudik maupun jalur balik mudik, dengan cara menganalisis jalur yang sering terjadi kepadatan lalu lintas.

“Kedua, menambahkan kapasitas jaringan pada lokasi yang sering mengalami penumpukan seperti yang di lokasi pelabuhan atau penyeberangan laut,” katanya.

“Menjamin kapasitas di daerah-daerah yang menjadi tujuan kedatangan, mengingat terjadi peningkatan jumlah pengguna telekomunikasi pada daerah-daerah tujuan mudik. Yang terakhir adalah penyediaan posko-posko mudik, partner siaga dan layanan siaga,” lanjut Ahmad.

 

Rep : KIS / Ed : Azz

Sumber : CNNIndonesia.com