Ada yang tau dengan Kopi Durian khas Lubuklinggau, kopi khas dari Bumi Sebiduk Semare ini memiliki cita rasa yang khas dan membuat penikmat kopi ketagihan untuk mencicipinya kembali. Kopi ini bahkan sudah diekspor sampai ke Australia loh.

Ringkaskata.com | Apa yang ada dipikiran sobat RK, jika mendengar kopi durian atau kopi dicampur dengan buah durian yang aromanya sangat harum dan tajam? Mungkin bagi sebagian dari kita menganggap perpaduan kedua bahan ini sangat tidak cocok dan akan menghasilkan rasa yang sangat aneh. Bagi kalian yang masih meragukan rasa kopi durian khas Lubuklinggau, simak penjelasannya di bawah ini.

Kopi durian merupakan kopi hasil dari perpaduan antara biji kopi dan buah durian. Resep ini ditemukan oleh Bapak Madian, warga kelurahan Mesat Seni, Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Kopi ini telah melalui beberapa kali percobaan sehingga menghasilkan rasa yang enak dan mantap hingga menambah list baru bagi para penikmat kopi.

Baca Juga : 5 Makanan Khas Lampung Yang Bikin Lidah Kamu Bergoyang

Bagi para penikmat kopi, rasa baru dari kopi durian ini memiliki cita rasa yang khas dan beda dari kopi-kopi lainnya.Karena perpaduan dari biji kopi khas kota Lubuklinggau dan durian yang semakin menambah kenikmatan dari kopi ini.Tidak heran banyak orang yang ketagihan setelah mencicipi kopi ini.

Namun sobat, di antara jenis-jenis kopi terkenal saat ini, nama kopi durian mungkin masih sangat asing bagi para penikmat kopi. Kopi hasil inovasi dari bapak Madian ini, mampu mengangkat kelompok UP2K (Unit Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga). Unit usaha tersebut telah menjadi industri rumahan yang berhasil di Lubuklinggau. Hingga mampu memberikan kontribusi secara ekonomis terhadap masyarakat setempat.

Hasil olahan kopi dari industri rumah tangga khas Bumi Sebiduk Semare ini dengan produknya kopi durian, mampu membuahkan hasil yang sangat menjanjikan. Bukan hanya di Indonesia, pemasaran kopi durian ini mampu menembus pasar ekspor hingga Australia.

Baca Juga : Ikan Mujair Kumbang Khas Danau Ranau

Inovasi semacam ini diharapkan dapat menular untuk pengembangan komoditi lainnya. Kopi durian yang akan dijadikan trandmark asli Lubuklinggau ini sudah banyak diminati oleh masyarakat bahkan sudah diekspor sampai keluar Indonesia. Semoga dengan adanya kuliner baru ini bisa menambah jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke Sumsel terutama Lubuklinggau.

Bagaimana sobat RK?  Tertarik dengan kopi unik yang satu ini?

Rep : MI10 / Ed : KIS

Diolah dari berbagai sumber