Flu burung dan flu babi dulu pernah heboh pada tahun 2003 dan 2009. Dua penyakit itu meresahkan masyarakat karena dapat menular pada manusia.

Ringkaskata.com | Zoonosis merupakan penyebaran penyakit antara hewan dengan manusia, dan flu burung ataupun flu babi termasuk kedalam Zoonosis.

Berdasarkan studi, hewan yang kerap kali menjadi sahabat manusia tak lain ialah anjing, diduga menjadi penyebar penyakit kepada manusia dan menyebabkan flu anjing.

“Sebagian besar wabah menghubungkan babi sebagai perantara penyakit antara virus dari burung kepada manusia,” kata Adolfo School of Medicine di Mt Sinai, New York, Amerika Serikat.

“Studi ini menunjukkan bahwa virus influenza dapat berpindah dari babi ke anjing,” lanjutnya, dilansir dari Kumparan.

Dalam studi terbaru itu, para peneliti melakukan pengurutan genom lengkap pada 16 virus influenza yang sampelnya diambil dari anjing yang berkunjung ke dokter hewan karena masalah pernapasan, dan sekitar 15% anjing tersebut mengalami influenza.

Dan hasil studi itu, ditemukan adanya kecocokan beberapa jenis flu babi pada anjing sampel. Selain itu, mereka juga menemukan adanya varian baru pada virus flu anjing.

Seperti yang sobat RK tahu, anjing sudah familiar sekali dengan manusia, bahkan ada yang menjadikan anjing sahabat mereka. Dengan adanya kondisi seperti ini, perlu perhatian khusus, dan menimbulkan pertanyaan apakah virus flu yang berkembang pada anjing dapat berpindah pada manusia.

Bagi para pemilik peliharaan anjing, hendaknya mereka rajin untuk memvaksinasi peliharaan mereka untuk mencegah terjangkitnya virus flu, karena virus yang semakin berkembang dapat berubah menjadi virus yang dapat menjangkiti manusia.

Nah bagi sobat RK yang memiliki peliharaan anjing, harap berhati-hatilah dengan hewan tersebut.

 

Rep : KIS/Ed : Azz

Sumber : Kumparan