Ikan Mujair Kumbang Khas Danau Ranau

Bila sobat berkunjung ke kawasan wisata Danau Ranau maka sobat wajib mencicipi wisata kulinernya. Namanya ikan mujair kumbang khas Danau Ranau yang banyak dijual di warung makan angkringan yang berlokasi di pinggir jalan raya persis di depan Danau Ranau dan Gunung Seminung.

Ringkaskata.com | Ikan mujair kumbang khas DanauRanau ini biasanya dibakar kemudian disajikan dengan dua jenis sambal khas warga setempat sebagai cocolan dilengkapi dengan lalapan sayuran segar berupa irisan tomat, mentimun, daun kemangi, kol dan yang lainnya. Sambal pertama berupa paduan kecap asin dengan irisan bawang merah segar dan cabe rawit dicampur cabe hijau. Sedangkan sambal kedua, sambal matah ulekan cabe, bawang, cung atau tomat ceri tanpa dimasak.

Nasi hangat berpadu dengan sepiring ikan mujair bakar lengkap dengan sambal dan lalapannya mampu menjamin anda bisa makan siang begitu nikmat.

Panorama yang disajikan di sekitar danau juga sangat indah dijadikan sebagai objek wisata fotografi. Danau Ranau ini dikelilingi oleh bukit-bukit kecil dan Gunung Seminung dengan sumber air hangat alaminya dari sebuah kaldera gunung berapi strato morfologis muda, yaitu Bulu Kemuning yang dibangun pada ketinggian 600 meter di atas permukaan danau kaldera.

Tak jauh dari sini banyak berdiri pondok-pondok kecil yang digunakan sebagai tempat tinggal masyarakat setempat yang sebagian besar adalah bercocok tanam dan bermata pencaharian sebagai perikanan, di mana pondok-pondok itu dijaga dengan bersih sehingga bisa dijadikan sebagai penginapan yang sangat murah, aman dan nyaman. Masyarakat di sini hidup dengan budidaya kopi, cengkih, tembakau, kelapa, tebu, kelapa sawit dan pertanian lainnya dalam skala besar.

Rep : MI10 / Ed :KIS

Diolah dari berbagai sumber

🔥11

If you liked this article
please click on the "Like!".