Canon EOS-1v merupakan produk kamera film yang resmi dihentikan oleh produsen kamera Canon. EOS-1v ialah kamera film yang diluncurkan terakhir kali, yang dibuat oleh produsen kamera Canon.

Ringkaskata.com | Dilansir dari The Varge, produksi kamera EOS-1v yang pertama kali diluncurkanpada tahun 2000, sebenarnya telah berhenti pada tahun 2010. Namun Canon masih terus menjual sisa stok produk tersebut hingga 2018.

Desain bodi kamera EOS-1v sendiri menjadi dasar untuk kamera masa depan Canon. EOS-1v adalah generasi kelima kamera SLR Canon yang menggunakan film 35mm profesional seperti EOS-1D.

“Terima kasih banyak atas kepercayaan Anda pada produk Canon. Namun, kami akhirnya memutuskan untuk menyetop penjualan dari kamera single lens reflex EOS-1v,” tulis Canon dalam bahasa Jepang di situs resminya.

Menurut pernyataan Canon, perusahaan masih bisa menerima perbaikan unit EOS-1v sampai 31 Oktober 2025. Namun permintaan perbaikan mungkin ditolak setelah tanggal 31 Oktober 2020, tergantung pada bagian dan inventaris yang tersisa.

Meskipun perusahaan Canon telah menghentikan penjualan kamera film apa pun lagi, namun bukan berarti keberadaan kamera film telah tiada selamanya. Setidaknya masih ada kamera lain yang menjual kamera film seperti Nikon yang masih menjual kamera filmnya yaitu F6 dan FM10.

 

 

Rep : KIS / Ed : Azz

Diolah dari berbagai sumber