Makanan khas Sumut ini, berbahan dasar ikan mas yang dimasak dengan bumbu khusus, sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan membuat makanan ini beda dari masakan ikan lainnya.

Ringkaskata.com | Sumatera Utara (Sumut) mempunyai banyak tempat destinasi wisata yang memiliki sejarah panjang seperti Pulau Samosir, Danau Toba dan lain sebagainya. Tidak hanya tempat wisata yang mengagumkan tapi di provinsi ini juga memiliki kuliner yang nikmat dan menggugah selera, salah satunya adalah Ikan Arsik.

Ikan Arsik sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang. Kuliner tradisional ini berasal dari masyarakat Batak Toba di daerah Toba Samosir dan Tapanuli Utara, Sumut. Konon makanan ini sudah ada sejak dahulu kala dan diwariskan oleh nenek moyang mereka secara turun-temurun. Dalam tradisi masyarakat Batak, makanan ini memiliki filosofi dan nilai-nilai tersendiri.

(Baca Juga : Lapa – Lapa Khas Sulawesi Tenggara)

Ikan Arsik biasanya disajikan untuk acara adat tertentu dan dalam penyajiannya ada tata cara khusus. Jika bukan ahlinya yang menyajikan, maka dapat menghilangkan nilai kesakralan yang ada di dalamnya. Namun Sobat RK tidak perlu menunggu upacara adat dilaksanaka bila ingin mencicipi makanan khas ini. Karena sobat bisa menikmatinya  kapan saja, tapi tentunya kenikmatanya akan berbeda bila kita memakannya saat upacara adat dilaksanakan.

Ikan Arsik biasanya berbahan dasar ikan mas, namun bila sobat tidak suka dengan ikan mas bisa diganti dengan ikan tongkol, kembung, dan kakap.

Untuk membuat Ikan Arsik, pertama-tama sobat harus membersihkan ikan yang akan sobat gunakan, namun sisiknya jangan dibersihkan hanya bagian perutnya saja yang dibersihkan, ini merupakan ciri khas dari masakan ini. Untuk menghilangkan bau amis dari ikan gunakanlah jeruk nipis dan asam cikala.

Eits, sebelum lanjut ke tahap selanjutnya, sobat harus tahu bahwa dalam masakan ini terdapat beberapa bumbu yang hanya ada di daerah pegunungan di Sumut, antara lain Andaliman dan Asam Cikala. Kedua bumbu ini lah yang membuat cita rasa dari masakan Ikan Arsik semakin menggoda.

Setelah sobat membersihkan dan menghilangkan bau amis dari ikan, langkah selanjutnya menyiapkan bumbu untuk memasak diantaranya adalah cabai, bawang merah, bawang putih, bunga kecombrang, dan aneka bahan rempah seperti  kemiri, lengkuas, kunyit dan lain-lain. Tidak lupa juga menggunakan andaliman.

(Baca Juga : Udang Selingkuh Khas Papua Yang Menggoda)

Kemudian ikan tersebut dilumuri dengan bumbu yang sudah dihaluskan hingga rata. Lalu dimasak dengan diberi air dan beberapa bumbu penyedap secukupnya. Selain itu biasanya juga ditambahkan beberapa bahan pelengkap seperti daun singkong, kacang panjang dan lain-lain. Ikan Arsikdimasak dengan api sedang agar bumbu bisa meresap, kemudian ditunggu hingga airnya habis. Setelah airnya habis atau mengering, Ikan Arsik siap untuk disajikan.

Makanan ini sendiri memiliki cita rasa yang unik. Bagaimana tidak, seperti yang dijelaskan sebelumnya, masakan satu ini dimasak dengan bumbu dan aneka rempah yang komplit sehingga menghasilkan rasa yang maksimal. Tidak hanya sampai di situ, tekstur ikan yang utuh dan masih bersisik  tentu akan memberikan pengalaman yang menarik saat kita menyantapnya.

Bila sobat berlibur ke Sumut dan berwisata ke Pulau Samosir, Danau Toba atau ke Tapanuli Utara sebaiknya sobat mencicipi masakan yang satu ini, karena kurang lengkap rasanya bila berlibur ke Sumut tanpa mencicipi masakan khas disana.

 

Rep : MI10 / Ed : Mas23

Diolah dari bebagai sumber