Ringkaskata.com | Hallo sobat RK. Pernah dengar nama Lapa-lapa? Mungkin sebagian dari sobat ada yang sudah tahu. Sobat, Lapa-lapa merupakan nama makanan khas dari Sulawesi Tenggara. Penasaran dengan kenikmatan dari makanan satu ini, simak penjelasannya berikut.

Sekilas bentuk Lapa-lapa menyerupai lontong karena makanan ini sama-sama dibungkus dengan daun dan dibentuk memanjang. yang membedakan lapa-lapa dengan lontong adalah daun yang digunakan untuk membungkusnya. kalau lontong menggunakan daun pisang sedangkan lapa-lapa menggunakan janur kelapa. Makanan ini memiliki rasa gurih apalagi jika dimakan dengan lauk tambahan membuat kita semakin ketagihan.

Baca Juga : Udang Selingkuh Khas Papua Yang Menggoda

Lapa-lapa dibuat dengan bahan dasar dari beras, kemudian beras dimasak setengah matang dengan santan kelapa. Setelah beras dimasak setengah matang, kemudian didinginkan dan dibungkus dengan janur kelapa, lalu diikat dengan tali dari batang pisang kering atau tali jenis lainnya.

Langkah terakhir adalah merebus lapa-lapa hingga matang sempurna. Bila lapa-lapa sudah matang dengan sempurna, angkat dan diamkan beberapa saat hingga dingin kemudian lepaskan tali ikatan lapa-lapa lalu hidangkan. Makanan ini dapat dinikmati dengan tambahan lauk seperti ikan asin dan lauk lainnya.

Baca Juga : Pakat, Makanan Khas Bulan Puasa Dari Kota Medan

Rep: MI10 / Ed: Mas23

Diolah dari berbagai sumber