Ringkaskata.com | Seringkah sobat RK terbangun dari tidur saat malam hari? Kalau terjadi sesekali mungkin tidak terlalu mengkhawatirkan.

Tapi sobat, jika hal itu terjadi setiap malam dan sering terjadi di waktu yang sama, bisa jadi hal tersebut ada hubungannya dengan kondisi kesehatan kita.

Ayo kita bahas satu per satu sobat.

Jika kamu terbangun jam 1 dinihari

Kalau kamu sering terbangun jam 1 dinihari, kemungkinan itu pertanda adanya masalah pada peredaran darah atau kantung empedu kita. Maka dari itu sobat, sebaiknya mulailah mengurangi makanan mengandung kolesterol, seperti gorengan dan makanan yang berlemak lain.

Jika kamu terbangun jam 2 dinihari

Sering terbangun jam 2 dinihari,, menandakan adanya gangguan tubuh yang cukup serius, terutama pada sistem pencernaan. Biasanya, organ yang sering bermasalah adalah usus kecil dan liver. Kalau begitu, konsumsilah makanan yang mengandung serat, perbanyak minum air putih, dan kurangi mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat tinggi dan gula.

Kalau kamu sering terbangun jam 3 dinihari

Jika hal itu terjadi, kemungkinan ada masalah pada sistem pernapasan kita, terutama paru-paru. Bangun terlalu pagi juga bisa menjadi tanda kalau tubuh kita dehidrasi. Sehingga sebaiknya kita memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidur nyenyak sampai pagi hari.

Selain merasa haus sobat, kondisi suhu tubuh yang terlalu rendah pada jam-jam tersebut menjadi tanda bahwa metabolisme tubuh kita kurang optimal. Maka untuk mengatasinya, kita harus menyeimbangkannya dengan aktivitas fisik, misalnya rutin berolahraga.

 

Rep : Azz / Ed : Mas23

Sumber : Tempo.co