Ringkaskata.com | Siapa yang tidak kenal dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTB), provinsi yang terkenal dengan tempat wisata yang indah nan menawan ini memiliki kerabat dekatnya, itu adalah provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kali ini kita akan membahas soal makanan khas dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Makanan ini biasanya disajikan untuk hidangan penutup yang membuat perut kita akan menjadi rileks setelah kita makan-makanan yang berkolesterol tingggi. Nama makanan ini adalah Cetemak Jagung.

Catemak jagung merupakan salah satu makanan penutup yang berasal dari NTT. Sesuai dengan namannya, makanan ini berbahan dasar jagung di tambah dengan labu lilin dan kacang hijau. Mungkin banyak di antara kalian yang menyangka bahwa maknan ini memiliki cita rasa manis dan cocok dijadikan menu makanan ketika panas terik karena kurang lebih jika bahan-bahan tadi di campur menjadi satu akan terlihat seperti kolak. Namun, catemak  jagung ini memiliki citarasa asin . nah, dari pada Anda penasaran. Yuk langsung saja siapkan bahan-bahannya dan ikutin langkah pembuatan dari Resep Catemak Jagung dibawah ini

Bahan-bahan:

  • 500 gram biji jagung
  • 100 gram kacang tanah,
  • 200 gram kacang hijau,

Cara Membuat:

  1. Rebus kacang – kacangan sampai kacang tersebut empuk, biarkan air rebusan tetap bergabung dengan kacang – kacangan.
  2. Setelah empuk , masukkan bumbu penyedap rasa sesuai selera , termasuk garam . Karena makanan ini khas dengan rasanya yang asin , jadi kasih garamnya agak banyak ya .
  3. Tambahkan macam – macam sayuran sesuai selera seperti bunga pepaya , daun ubi atau jantung pisang pucuk labu juga boleh.
  4. Tunggu kuahnya mengental dan semua daun masak . setelah masak angkat
  5. Catemak Jagung siap disajikan

Cetemak Jagung ini cocok dimakan saat cuaca dingin maupun panas. Semoga dengan resep yang ringkaskata bagikan kepada sobat RK ini bisa membantu sobat untuk mencicipi masakan dari provinsi NTT tanpa harus jauh-jauh pergi kesana.

Selamat Mencoba.

 

Rep : MI10 / Ed : Mas23

Diolah dari berbagai sumber